Liga Spanyol

Gabung Barcelona, Ini Alasan Memphis Depay Bakal Jadi Bencana

Kamis, 10 September 2020 20:52 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Pemain Lyon Memphis Depay bakal menjadi bencana ketika putuskan gabung raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Copyright: © Getty Images
Pemain Lyon Memphis Depay bakal menjadi bencana ketika putuskan gabung raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Digadang-gadang pelatih Ronald Koeman sebagai harapan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, ada alasan mengapa striker Lyon, Memphis Depay bakal menjadi bencana.

Semenjak gagal  memenangkan trofi di tingkat domesti maupun Eropa musim lalu, Koeman yang ditunjuk sebagai pelatih anyar El Barca menganggap perlu adanya revolusi. Keputusannya pun bulat lewat penyingkiran Luis Suarez, Arturo Vidal, Samuel Umtiti, dan Ivan Rakitic.

Mengingat ia pernah latih Timnas Belanda, Koeman mengira Depay akan menjadi amunisi bagus bagi kubu Barcelona menjelang bergulirnya lagi LaLiga Spanyol. Namun bagi mantan pelatih Manchester United, Loius van Gaal kedatangan striker baru itu di Catalan bisa berujung petaka.

"Selalu saja ada tanda tanya karena Depay adalah pemain menarik terutama kala mengisi posisi bebas. Tapi kita harus mengerti tentang adaptasi budaya baru dan tim baru diawal musim bisa berakhir dengan cara sulit," ungkap van Gaal dilansir laman berita Mirror.

"Sebagai contoh lihat saja kehadiran Matthijs De Ligt atau Frenkie de Jong. Depay memanglah punya bakat, tapi dia tentu bukanlah pemain sekaliber Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo," tambahnya lagi.

Ungkapan van Gaal ini sendiri nampak cerminan diri ketika ia mendatangkan bintang asal Negeri Kincir Angin itu saat masih berkarier di Manchester United. Ditebus dengan harga 25 juta poundsterling (Rp485 miliar), Depay cenderung gagal penuhi ekspektasi usai hanya mencatatkan tujuh gol dan enam assists saja dalam 53 penampilan.

Kurang impresif, pemain yang kini berusia 26 tahun itu pun dipinjamkan, sementara itu karier van Gaal hancur usai pemecatan. Beralih ke Lyon, sepak terjang Depay mulai kian berkembang dan menjadi daya tarik utama berbagai tim besar di Eropa.

Tapi tetap saja seperti kata van Gaal, kepindahan Depay ke LaLiga Spanyol membuat kejadian layaknya di Manchester United terulang lagi. Apalagi karier dari Ronald Koeman dan nama baik dari Barcelona saat ini dipertaruhkan usai hasil mengerikan musim lalu.