Bola Internasional

Tak Sudi, Legenda Barcelona Tolak Gantikan Sosok Ronald Koeman

Minggu, 13 September 2020 10:31 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jasper Juinen/Getty Images
Frank Rijkaard (kanan) menjadi sorotan dalam kamera di sebelah Ronald Koeman Copyright: © Jasper Juinen/Getty Images
Frank Rijkaard (kanan) menjadi sorotan dalam kamera di sebelah Ronald Koeman

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Barcelona, Frank Rijkaard, menolak tawaran untuk menggantikan posisi Ronald Koeman sebagai pelatih baru timnas Belanda.

Seperti diketahui, Ronald Koeman meninggalkan posnya sebagai pelatih timnas Belanda usai menerima tawaran untuk melatih Barcelona menggantikan Quique Setien. Akibatnya, saat ini Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) pun mencari sosok yang tepat untuk meneruskan pekerjaan Koeman di tim Oranye.

Salah satu sosok yang difavoritkan menjadi pelatih anyar Memphis Depay dkk adalah Frank Rijkaard. Pria yang pernah melatih Barcelona pada periode 2003-2008 itu bahkan mendapatkan dukungan dari Jordi Cruyff, putra legenda Belanda, Johan Cruyff.

“Rijkaard merupakan sosok yang sangat baik dari segi taktik. Selain itu dirinya juga bisa membangun atmosfer tim menjadi lebih bagus,” kata Cruyff kepada De Telegraaf.

KNVB sendiri menganggap Rijkaard sebagai sosok yang tepat karena pengalamannya panjangnya sebagai pelatih. Tak hanya itu, Rijkaard sebenarnya pernah membesut timnas Belanda secara singkat di Euro 2000. Ia berhasil membawa tim Oranye melaju ke semifinal sebelum dikalahkan Italia dengan adu penalti.

Sebagai pelatih, salah satu prestasi puncak Frank Rijkaard adalah ketika membawa Barcelona meraih gelar LaLiga Spanyol pada dua musim beruntun, yakni pada 2004-2005 dan 2005-2006 serta trofi Liga Champions 2005-2006.

Meski demikian, KNVB harus gigit jari setelah Rijkaard diketahui menolak permintaan tersebut. Dilansir Diario Sport, Rijkaard mengaku tidak lagi memiliki keinginan untuk berkarier sebagai pelatih di level tertinggi.

Frank Rijkaard sendiri memang sudah lama tidak berkecimpung di dunia kepelatihan, sejak meninggalkan timnas Arab Saudi pada tahun 2013 lalu. 

Dengan adanya penolakan ini, maka KNVB pun masih harus meneruskan perburuan mereka untuk mendapatkan pelatih baru bagi timnas Belanda. Louis van Gaal dan Henk ten Cate menjadi salah dua dari beberapa kandidat yang masih tersisa.

Saat menjalani ajang UEFA Nations League beberapa hari lalu, timnas Belanda ditangani oleh asisten Ronald Koeman, Dwight Lodeweges, yang berstatus pelatih interim. Memphis Depay dkk. menang 1-0 atas Polandia dan kalah 0-1 dari Italia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%