Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-16 Dapat Hikmah dari Batalnya Piala Asia 2020

Senin, 14 September 2020 12:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© media pssi
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menilai batal atau ditundanya Piala Asia U-16 2020 memberikan keuntungan bagi timnya. Copyright: © media pssi
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menilai batal atau ditundanya Piala Asia U-16 2020 memberikan keuntungan bagi timnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menilai batal atau ditundanya Piala Asia U-16 2020 memberikan keuntungan bagi timnya. Skuat Garuda Asia bisa mematangkan persiapan.

Awalnya, Piala Asia U-16 2020 berlangsung 25 November hingga 12 Desember di Bahrain. Namun, AFC memutuskan menunda hingga awal tahun depan karena masih adanya pandemi virus corona.

Keputusan itu membuat Bima Sakti dan Timnas Indonesia U-16 punya lebih banyak waktu untuk berlatih dan mematangkan diri. Selain itu, ia juga punya kesempatan mencari dan menyeleksi pemain baru sesuai kebutuhan tim.

"Bersyukur saja, pasti ada hikmahnya. Ini kan juga karena kondisi virus corona yang meningkat. Dengan ini kami bisa lebih banyak waktu untuk persiapan," tuturnya.

Meski demikian, Bima Sakti belum bisa menjelaskan secara detail rencana terbaru Timnas Indonesia U-16. Disinggung soal pemusatan latihan lanjutan, mantan pemain Persiba Balikpapan itu juga belum memberikan jawaban.

Sementara itu, PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia, menyatakan ikut keputusan AFC. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan program latihan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 dipastikan berubah untuk sementara waktu.

PSSI berharap, mundurnya jadwal Piala Asia U-16 dan U-19 tak mempengaruhi semangat para pemain Timnas Indonesia. Justru, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kemampuan dan memperbaiki kekurangan tim serta individu.