Bola Internasional

Rahasia Lemparan ‘Maut’ Bek Timnas U-19 yang Bobol Gawang Qatar

Selasa, 22 September 2020 14:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Bek kiri Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan Alief aksi lemparan (ke dalam) yang spektakuler saat berhadapan dengan Qatar. Copyright: © PSSI
Bek kiri Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan Alief aksi lemparan (ke dalam) yang spektakuler saat berhadapan dengan Qatar.

INDOSPORT.COM - Bek kiri Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan Alief belakangan jadi sorotan setelah aksi lemparan (ke dalam) yang spektakuler dan berbuah assist untuk gol ke gawang Qatar di laga uji coba dua hari lalu.

Terkait hal itu, pemain milik PSIS Semarang itu pun berbagi cerita mengenai aksi heroiknya yang mampu membantu Timnas Indonesia U-19 mencetak gol ke gawang Qatar.

Arhan mengatakan, aksi lemparan ke dalam itu bukan kebetulan, melainkan dipelajari dan dilatih sejak tiga tahun belakangan. Ia pun senang, aksinya bisa membantu Timnas Indonesia U-19 selama menjalani laga uji coba di Kroasia.

"Soal lemparan ke dalam yang jauh, saya belajar sendiri dan memang sudah lama sekitar tahun 2017 saya melakukannya hingga sekarang," tuturnya dalam rilis PSSI.

"Selain itu, setiap pertandingan saya harus fokus dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik," imbuh Arhan.

Lebih lanjut, pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah itu mengaku senang dilatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Arhan bertekad menembus tim utama yang akan tampil di Piala Asia U-19 2020 pada awal tahun depan. 

"Bersama pelatih Shin Tae-yong kami menikmati dan sangat bersemangat menerima setiap materi latihan yang diberikan," pungkas Arhan.

Selain punya kekuatan lewat lemparan jarak jauh, Arhan juga pemain serba bisa di Timnas Indonesia U-19. Ia dapat bermain sebagai bek kiri, bek kanan maupun gelandang.