Liga Indonesia

Dinobatkan jadi Gol Terbaik Piala Asia, Widodo C Putro: Siapa Kita, Indonesia!

Rabu, 23 September 2020 19:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© persita.official/INDOSPORT
Gol Widodo C Putro dinobatkan jadi gol terbaik Piala Asia. Copyright: © persita.official/INDOSPORT
Gol Widodo C Putro dinobatkan jadi gol terbaik Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Gol mantan pemain Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro ke gawang Kuwait pada Piala Asia 1996 baru saja dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia. Gol Widodo mengalahkan gol pemain Lebanon, Abbas Chahrour setelah dipilih melalui voting yang digelar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Gol Widodo mengumpulkan 72 persen,  sementara Chahrour hanya memperoleh 28 persen. Hal itu pun membuat Widodo sangat bangga dan mempersembahkan gol tersebut untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Terima kasih atas dukungannya (vote), ini bukan soal saya pribadi tapi soal siapa kita? Indonesia. Ini luar biasa dukungannya," buka Widodo.

"Paling berat itu saya prediksi lawan Vietnam atau India waktu itu, dan terbukti Vietnam sangat berat karena persaingan dua negara ini di Asia Tenggara termasuk dengan Malaysia dan Thailand. Vietnam juga sangat antusias pencinta sepak bolanya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Widodo berharap golnya menginspirasi pemain muda untuk berkembang lebih baik, bahkan harus melewati pencapaiannya. Ia mengingatkan para pemain muda agar fokus dan tekun berlatih dan tak boleh cepat menyerah apabila menemui kegagalan.

"Saya berharap untuk masa mendatang kita tidak pesimis apalagi banyak pemain muda kita. Bahwa orang Indonesia juga pernah bikin gol spektakuler, jadi mereka juga bisa kalau fokus di sepak bola dan saya berharap jika sudah memilih sebagai pesepakbola maka harus fokus," tegas pria yang kini menjadi pelatih Persita Tangerang.

Gol salto Widodo tercipta saat Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 lawan Kuwait pada penyisihan grup Piala Asia 1996.  Menerima umpan Ronny Wabia dari sisi kanan, Widodo pun melakukan gerakan akrobatik dan menempatkan bola di pojok kiri gawang Kuwait.

Sebelumnya, gol Widodo C. Putro juga dinobatkan sebagai salah satu gol salto terbaik sepanjang masa. Media Inggris, Daily Mirror mengulasnya pada 7 September lalu.