Bola Internasional

Cerita Miris Ayah Wonderkid Keturunan Indonesia yang Kesulitan Main di Belanda

Senin, 28 September 2020 19:16 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ada satu lagi pemain keturunan Indonesia di klub Belanda bernama Justin Jonathans menyatakan harapannya bisa memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Justin Jonathans belum lama ini muncul di chanel Youtube Yussa Nugraha dan menceritakan kisah dirinya dalam berjuang menjadi pemain sepak bola profesional.

Pemain yang masih berusia 17 tahun itu merupakan bek kanan andalan klub junior Belanda, NEC Nijmegen. Ia memiliki darah Indonesia dari sang Ayah yang merupakan orang asli Tanah Air.

Ternyata, Ayah dari Justin Jonathans dulunya merupakan mantan pemain sepak bola namun gagal bersinar karena orang tuanya kurang merestui.

Jika mendapat restu dari kakek nenek Justin Jonathans, bukan tidak mungkin ia bisa bergabung secara profesional di klub Belanda, De Graafschap.

Karena kegagalan tersebut, Justin Jonathans menjadi satu-satunya putra harapan dari sang ayah untuk meneruskan impian menjadi pemain sepak bola kelas dunia.

"Saya kira bakat sepak bola saya dari ayah saya. Dia 100 persen orang Indonesia. Dia dulu juga sering bermain sepak bola," kata Justin Jonathans.

"Ayah saya dulu sebenarnya bisa bermain di klub De Graafshap. Tetapi, orang tuanya tidak mampu mengatur transportasinya, jadi ia batal bergabung. Memang sangat disayangkan,"

"Makanya dia melakukan segala hal agar saya bisa menjadi pemain sepak bola profesional," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, Justin Jonathans diam-diam telah memperhatikan persiapan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong jelang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Justin Jonathans cukup kagum dengan permainan para pemain Timnas Indonesia U-19 yang mampu bersaing dengan negara-negara kuat Eropa dan Asia saat uji coba di Kroasia.