Bursa Transfer

Ruben Dias Datang, Guardiola Habiskan Rp7,5 Triliun untuk Belanja Bek di Man City

Senin, 28 September 2020 07:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty images
Total lebih dari Rp7.5 triliun dikeluarkan Pep Guardiola untuk belanja bek selama 4 tahun menukangi Manchester City jika Ruben Dias resmi bergabung. Copyright: © Getty images
Total lebih dari Rp7.5 triliun dikeluarkan Pep Guardiola untuk belanja bek selama 4 tahun menukangi Manchester City jika Ruben Dias resmi bergabung.

INDOSPORT.COM – Dalam waktu dekat Manchester City akan kedatangan bek baru dari Benfica, yakni Ruben Dias. Kedatangannya pun membuat belanja Pep Guardiola hanya untuk pemain bertahan selama empat tahun di Etihad menyentuh angka lebih dari Rp7,5 triliun.

Kebutuhan Man City akan bek anyar nampaknya tak bisa terhindarkan lagi. Sejak musim 2019/20 lalu, sektor belakang menjadi titik lemah The Citizens hingga harus tumbang dalam perebutan Liga Inggris dan Liga Champions musim lalu.

Pada musim lalu, Guardiola selaku pelatih Man City kerap memasang Fernandinho sebagai bek. Hal ini terbilang tak masuk akal. Sebab, pemain asal Brasil tersebut sejatinya adalah gelandang bertahan.

Namun langkah tersebut diambil oleh Guardiola untuk menambal lubang di area pertahanannya. Alhasil, di musim panas ini, ia menuntut Man City mendatangkan bek baru untuk musim 2020/21.

Nathan Ake pun didatangkan dari Bournemouth di musim panas ini oleh Manchester City. Namun hal tersebut dirasa tak cukup oleh Pep Guardiola sehingga The Citizens pun mendatangkan Ruben Dias dari Benfica.

Kepindahan Ruben Dias sendiri takkan terelakkan lagi. Bahkan dilaporkan Telegraph, Benfica menerima pinangan Man City sebesar 64.8 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) yang kemudian akan dikurangi 13.7 juta poundsterling (Rp259 milia) dari penjualan Nicolas Otamendi ke Benfica.

Jika dikalkulasikan, selama empat tahun menukangi Man City, Guardiola telah menggelontorkan dana lebih dari 400 juta poundsterling (Rp7.5 triliun) hanya untuk mendatangkan pemain belakang.

Sebelum memecahkan rekor transfer untuk Ruben Dias, Man City sempat mendatangkan Aymeric Laporte, Benjamin Mendy, John Stones, dan Kyle Walker dengan harga fantastis. Cukup mengherankan tentunya mengapa Guardiola banyak mengeluarkan dana belanja hanya untuk bek.

Terlepas dari hal tersebut, Pep Guardiola mengusung misi tinggi untuk membawa Manchester City meraih titel Liga Champions. Tak ayal bila pria asal Spanyol ini mendapat dukungan dari pemilik The Citizens berupa dana melimpah.