Liga Indonesia

Liga 1 Ditunda, FIFA Berpotensi Sorot Status Piala Dunia U-20 2021

Selasa, 29 September 2020 17:55 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© INDOSPORT
Piala Dunia U-20 2021 Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Piala Dunia U-20 2021 Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tertundanya pelaksanaan Liga 1 2020 berpotensi disorot federasi sepak bola dunia, FIFA. Bahkan, bisa saja keputusan memindahkan venue Piala Dunia U-20 2021 dilakukan FIFA.

Indonesia cukup tertinggal dalam membangkitkan kegiatan olahraga. Di Vietnam, Kamboja, Thailand hingga Malaysia, kompetisi sudah berlanjut.

Kompetisi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sejauh ini semua berjalan lancar. Vietnam yang sempat kembali menghentikan kompetisi, sudah jalan lagi, bahkan termasuk turnamen lain.

Sementara Liga 1 2020 yang rencananya digelar awal Oktober justru ditunda. Penundaan ini karena pihak kepolisian tidak memberikan izin penyelenggaraan Liga 1.

PSSI pun kemudian memutuskan Liga 1 ditunda bulan November. Bila kembali tertunda dan pada akhirnya dibatalkan, FIFA bisa memberi catatan atas hal ini. Demikian diungkapkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

"FIFA bisa lihat kenapa Liga Indonesia tidak jalan?. Seperti saya bilang, Liga di banyak negara Asia sudah jalan. FIFA bisa berpikir untuk mengganti tempat Piala Dunia U-20 ke negara lain," ucap Teco, sapaan akrabnya, Selasa (29/9/20).

"Kasihan semua stakeholder di Indonesia bisa hilang kesempatan buat kerja di Piala Dunia atau menonton Timnas punya peluang lebih besar ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia," cetus Stefano Cugurra.

Meski kecewa dengan penundaan ini, Teco punya optimisme jika Liga 1 2020 akan dilanjutkan. Penting bagi sepak bola Indonesia tetap bergairah hingga perhelatan Piala Dunia U-20 2021 mendatang. 

Apalagi saat ini pemerintah sudah mulai merenovasi stadion calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Termasuk salah satunya markas Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%