Liga Indonesia

Dapat Lampu Hijau Ubas Status Jadi WNI, Begini Tekad Marc Klok

Selasa, 6 Oktober 2020 13:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Perkenalan secara resmi, Marc Anthony Klok sebagai pemain Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, bersyukur proses pengajuannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) mendapat lampu hijau dari pemerintah. Ia pun sudah tak sabar merealisasikan mimpi besarnya.

Pengajuan Klok sudah disetujui dan mendapat rekomendasi dari Komisi III DPR RI. Selain itu, dia juga didukung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Saat ini, Klok belum bisa dikatakan sah menjadi WNI. Masih ada beberapa proses yang harus dilewati, yakni persetujuan atau hasil sidang Komisi X DPR RI, sidang paripurna DPR dan persetujuan dari Presiden RI dengan terbitnya Kepres serta terakhir menjalani sumpah WNI.

Kendati demikian, Marc Klok mengaku bersyukur dan gembira. Mimpinya untuk menjadi WNI dan membela timnas Indonesia sebentar lagi terwujud.

"Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar," kata Marc Klok selepas rapat virtual bersama PSSI kemarin. 

"Selama ini, saya menikmati bermain di Liga Indonesia serta tertarik juga dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama timnas Indonesia kelak," tandasnya.

Sekadar mengingatkan, Marc Klok sudah mengajukan proses naturalisasi sejak masih berseragam PSM Makassar pada 2019. Ia ingin membela timnas Indonesia, yang notabene tanah leluhurnya.