Liga Indonesia

Bukan Sinyal Positif, Persib Tunggu Kepastian Lanjutan Liga 1 2020

Jumat, 9 Oktober 2020 21:01 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (13/08/2020). Copyright: © Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (13/08/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih menunggu informasi mengenai masa depan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Sebagai informasi, PSSI secara resmi memutuskan untuk menunda kick off lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, setelah melakukan koordinasi dengan Kemenpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (29/09/20). 

PSSI mengambil keputusan tersebut, dua hari menjelang kick off Liga 1 yang sebelumnya akan digelar 1 Oktober 2020. Langkah itu diambil, setelah pihak Kepolisan tidak memberikan izin keramaian, dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat. 

Robert Alberts menambahkan, dampak ditundanya kick off kompetisi lantaran meningkatnya kasus Covid-19, dirasakan Persib dan klub peserta lainnya. 

Bahkan, akibat pandemi Corona ini bukan hanya sepak bola yang terkena imbasnya, namun hampir seluruh aktivitas olah raga termasuk Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020 yang resmi dibatalkan. 

"Hanya yang kami dengar sangat banyak klub yang terpengaruh saat ini. Saya mendengar juga, liga basket dibatalkan. Jadi semua itu bukan sinyal positif untuk hasil (keputusan)," kata Robert Alberts, Jumat (09/10/20). 

Robert Alberts, berusaha menerima kondisi yang terjadi saat ini, karena pandemi corona tak hanya terjadi di Indonesia namun di seluruh belahan dunia. Selain itu, beberapa pemain di dalam dan luar negeri, sudah ada yang terpapar virus Corona. 

Sehingga, Robert Alberts saat ini terus berusaha menjaga anak asuhnya agar tetap bugar dan terhindar dari virus corona. Salah satunya, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat beraktivitas di dalam maupun luar lapangan. 

"Tapi hal ini juga terjadi di seluruh dunia, pada laga internasional saat ini, ada banyak pemain (positif). Jadi itu adalah hal yang harus kami terima untuk saat ini. Dan yang terpenting adalah disiplin dari setiap individu, setiap hari kami mengingatkan pemain untuk tetap sehat," ungkapnya. 

"Apa yang harus kami katakan lagi, ada banyak berita orang terinfeksi dan di seluruh dunia sudah 36 juta kasus resmi. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak kasus yang tidak resmi dan mungkin bisa berlipat ganda. Jadi itu sangat berbahaya jika menjangkiti atlet atau orang-orang yang bekerja bersama atlet," jelasnya. 

Sambil menunggu kepastian mengenai lanjutan kompetisi Liga 1 2020, Persib sudah berlatih kembali dan menggelar persiapan di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (09/10/2020). 

"Dan itu kenyataan sehari-hari, selama kami bisa bermain sepak bola, kami merasa senang dan kami beraktivitas hari demi hari sambil melihat apa yang akan terjadi nantinya soal dimulainya lagi kompetisi," ungkapnya. 

Selama masa persiapan selama satu bulan ini, Robert Alberts sudah mempersiapkan beberapa pertandingan uji coba bagi pasukannya. Hanya saja, uji coba akan digelar pada pekan depan, sedangkan akhir pekan ini skuat Persib akan menggelar game internal.