Liga Indonesia

Apa Kabar Artur Vieira? Bek Asing Barito Putera yang 'Kalah Kelas' di Liga 1

Minggu, 11 Oktober 2020 12:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/Indosport.com
Selebrasi Artur Vieira (tengah) usai mencetak gol saat masih membela Barito Putera. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Selebrasi Artur Vieira (tengah) usai mencetak gol saat masih membela Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Artur Vieira? Bek asing Barito Putera yang direkrut pada awal Liga 1 2019, namun hanya menetap sebentar lantaran 'kalah kelas'.

Awal musim Liga 1 2019 lalu, Barito Putera yang dibesut oleh Jacksen F. Tiago, lantas mendatangkan dua bek tengah asal Brasil, Lucas Silva dan Artur Vieira.

Namun performa minor di awal musim 2019, membuat Jacksen F. Tiago mengundurkan diri, digantikan oleh caretaker Yunan Helmi dan kemudian disusul Djajang Nurdjaman.

Nasib Lucas Silva dan Artur Vieira pun tidak menentu. Meski berlabel asing, namun mereka jarang dimainkan, bahkan disebut kalah kelas dengan pemain lokal di Barito.

Sehingga di pertengahan musim 2019, CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman dengan legawa melepaskan duo Brasil tersebut, dan akhirnya berhasil bertahan di Liga 1 2020.

Artur Vieira yang terlanjur jatuh cinta dengan kompetisi sepak bola di Asia, ia kemudian memilih untuk mengadu nasib ke Liga Thailand dan memperkuat Khon Kaen FC.

Nyatanya, pemain 30 tahun itu tampil apik bersama Khon Kaen FC, karena diakui karakter tim dan Liga Thailand memiliki banyak kesamaan dengan Negeri Samba.

"Sepak bola di Thailand tidak secepat di Indonesia, karena di sini lebih cenderung kepada taktikal," ujar Artur Vieira seperti dilansir dari laman Vavel.

"Saya kira sepak bola (di Thailand) hampir sama dengan Brasil, namun tidak didukung kualitas pemain, itu yang menjadi pembeda," tambah pemain yang berposisi bek tengah itu.

Sebagai pemain asing, Artur Vieira mengaku betah dengan suasana di Thailand, karena mendapat banyak dukungan dari fans dan dihargai sebagai 'guru' bagi pemain lokal.

“Tapi secara keseluruhan mereka memiliki kualitas bagus. Pemain asing mempunyai peran sangat penting dalam mentransfer kualitas sepak bola ke Thailand," tukasnya.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Artur Vieira sudah mengantongi lima laga bersama Khon Kaen FC di Liga Thailand, sebelum dilanda pandemi virus Corona.