Liga Indonesia

Terkait Nasib Liga 3, Ini Penjelasan PSSI

Minggu, 11 Oktober 2020 09:13 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Belum juga jelas terkait kebelangsungan kompetisi Liga 1 dan 2 kini hal serupa juga terjadi untuk kompetisi Liga 3 Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Belum juga jelas terkait kebelangsungan kompetisi Liga 1 dan 2 kini hal serupa juga terjadi untuk kompetisi Liga 3

INDOSPORT.COM - Belum juga jelas terkait kebelangsungan kompetisi Liga 1 dan 2 kini hal serupa juga terjadi untuk kompetisi Liga 3. Kini untuk nasib Liga 3 itu PSSI menyerahkan kepada Asosiasi Provinsi PSSI masing-masing.

PSSI melalui Plt Sekjen, Yunus Nusi memberikan keleluasaan kepada setiap Asosiasi Provinsi (Asprov) terkait penyelenggaraan kompetisi amatir 2020. Apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Yunus menjelaskan bahwa PSSI tidak mau Asprov memaksakan menggelar kompetisi amatir ini, Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia.

"PSSI memahami situasi dan kondisi setiap Asprov yang pasti berbeda-beda saat pandemi Covid-19 dan juga terkait finansial. Bila tidak dapat menggulirkan kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin, PSSI tidak mempermasalahkannya," kata Yunus Nusi.

Namun Yunus menambahkan, PSSI siap membantu bila nantinya ada Asprov yang siap menggulirkan Liga 3. Namun semua itu setalah Liga 1 dan Liga 2 bergulir.

"Namun bila ada Asprov yang akan menggelar Liga 3, PSSI akan mengaproval pelaksanaanya setelah dimulainya lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2. Hal ini karena di ajang liga 3 ada sistem promosi ke liga 2," tambah Yunus Nusi.

Seperti diketahui sistem kompetisi Liga 3 berawal dari tingkat Asprov, regional dan nasional. Selain itu, PSSI berencana menggelar kompetisi Liga 1 dan 2 pada November mendatang.