Liga Inggris

Tak Ada Kepa, Ini 5 Transfer Terburuk Chelsea dalam 10 Tahun Terakhir

Senin, 12 Oktober 2020 18:04 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Kepa Arrizabalaga saat duduk di bench pemain Copyright: © Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Kepa Arrizabalaga saat duduk di bench pemain

INDOSPORT.COM – Sebagai klub papan atas dan kaya raya, Chelsea telah mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain-pemain yang terbaik. Namun, terkadang para pemain yang didatangkan malah tak tampil baik dan terbilang gagal.

Sejak diakuisisi Roman Abramovich pada 2003 silam, entah berapa banyak dana dikeluarkan Chelsea untuk berbelanja pemain hingga saat ini.

Bahkan sematan Chelsea merusak sepak bola kerap digaungkan pundit maupun fans lawan yang melihat cara The Blues meraih kesuksesan dengan gelontoran uang.

Pada awal tahun 2000 an, apa yang dilakukan Chelsea terbilang tabu. Bahkan tak banyak tim yang melakukan pembelian besar-besaran seperti The Blues.

Dengan gelontoran uang untuk merombak pemain, Chelsea pun mulai mendapati hasilnya dengan mejuarai Liga Inggris bahkan menjuarai Liga Champions, trofi yang diinginkan Abramovich.

Namun dalam perjalanannya untuk meraih gelar dengan mendatangkan pemain terbaik di setiap posisi, Chelsea kadang salah langkah dan malah harus merugi karena kebijakan transfer jor-joran ini.

Teranyar, transfer jor-joran Chelsea yang dianggap gagal adalah Kepa Arrizabalaga. Ia didatangkan dengan harga 71,6 juta poundsterling yang lantas menjadikannya kiper termahal sejagat.

Status termahal tersebut lantas tak dibuktikan dengan performa apiknya di satu musim terakhir ini. Olok-olok pun dengan sematan transfer gagal didapatkan kiper berusia 25 tahun tersebut.

Akan tetapi, dalam perjalanan Chelsea di bawah Abramovich, bukan Kepa yang menjadi pembelian terburuk The Blues. Toh ia kerap tampil apik saat dibutuhkan, termasuk saat menjadi kunci keberhasilan The Blues menjuarai Liga Europa 2018/19 di drama adu penalti melawan Eintracht Frankfurt.

Pengertian buruk di sini bukan soal harga yang mewakili kualitas. Namun juga soal kebutuhan dan juga catatan pemain-pemain yang pernah didatangkan Chelsea.

Berikut 5 pembelian terburuk Chelsea selama 10 tahun terakhir:

1. Danny Drinkwater

Danny Drinkwater menjadi salah satu pembelian terburuk Chelsea belakangan ini. Entah apa yang dilihat Antonio Conte dan The Blues saat memboyongnya dengan harga 35 juta poundsterling pada 2017 silam.

Sejak ditransfer dari Leicester City, Drinkwater hanya tampil sebanyak 23 kali dengan menit bermain sebanyak 1181 menit. Dengan harga segitu, seharusnya Chelsea bisa membeli pemain lain yang jauh berkualitas.