Bola Internasional

Eks Pelatih Bayern Munchen Bandingkan Pep Guardiola Dengan Lionel Messi

Selasa, 13 Oktober 2020 09:17 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Getty Images
Eks Pelatih Bayern Munchen Bandingkan Pep Guardiola Dengan Lionel Messi Copyright: © Getty Images
Eks Pelatih Bayern Munchen Bandingkan Pep Guardiola Dengan Lionel Messi

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Bayern Munchen, Felix Magath memlontarkan kritikannya kepada Pep Guardiola. Dirinya juga membandingkan dengan Lionel Messi yang lebih berkontribusi atas gelar juara Liga Champions Barcelona.

Barcelona meraih sukses besar saat dilatih Guardiola pada 2008-2012. Ia membawa  Blaugrana memenangi 14 trofi, termasuk dua gelar juara Liga Champions.

Pada musim pertamanya di 2008/2009, Guardiola mengantar Barcelona meraih treble dengan menjuarai LaLiga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Mereka kembali menaklukkan Eropa dengan memenangi Liga Champions dua tahun kemudian usai mengalahkan Manchester United di final.

Namun, sejak meninggalkan Barcelona, Guardiola belum mampu meraih trofi di kompetisi Eropa. Bersama Bayern Munich, ia meraih tiga gelar Bundesliga, tapi selalu gagal di Liga Champions. Bayern tiga kali beruntun terhenti di semifinal.

Melihat hal tersebut, mantan pelatih Bayern Munchen Felix Magath menilai kesuksesan Pep Guardiola di Barcelona tak lepas dari peran Lionel Messi. Taktik Guardiola yang mengandalkan penguasaan bola dinilai Magath manjur karena La Pulga.

"Messi yang membawa jadi juara, bukan Guardiola. Tanpa Messi, sistem ini tidak pernah berhasil untuk Guardiola. Kalau berhasil, dia pasti sudah juara Liga Champions bersama Bayern atau Manchester City sejak lama," ujar Magath kepada Sport Bild seperti dilansir AS.

"Tiki-taka cuma berjalan kalau Anda punya pemain yang secara teknik superior daripada lawan. Untuk penonton, menahan bola, saya menyebutnya seperti itu, itu membosankan dan tim top tidak terlalu membutuhkannya," lanjutnya.

Bisa dikatakan bahwa kritikan dari Magath sendiri terbilang begitu pedas dan menyebut bahwa Pep Guardiola sering kehilangan arah dalam menangani setiap pertandingan bersama klub yang ia latih.

"Menurut saya, Guardiola terlalu sering kehilangan arah ketika mencoba memenangi pertandingan di awal. Taktik itu seringnya berakhir di keputusan yang salah, yang menghalangi kesuksesan," tambahnya.

Saat ini Pep Guardiola sendiri tengah menjadi juru taktik bersama Manchester City. Bergabungnya pelatih asal Spanyol ini sejak tahun 2016 silam dan sudah menghasilkan banyak trofi. Diantaranya gelar Liga Inggris dan beberapa kompetisi domestik.

Akan tetapi, perkatakan Felix Magath bisa dibilang tidak salah, sebab saat menangani Manchester City Pep Guardiola belum pernah memberikan satu gelar Internasional pun kepada klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini.