Bola Internasional

Puji Shin Tae-yong, Media Korea Heran Indonesia Paksa Gelar Piala Dunia

Rabu, 21 Oktober 2020 18:00 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor:
© Naufal/PSSI
Soroti kegemilangan Shin Tae-yong, media Korea merasa heran Indonesia tetap kekeuh gelar Piala Dunia U-20 saat pandemi Corona masih belum surut. Copyright: © Naufal/PSSI
Soroti kegemilangan Shin Tae-yong, media Korea merasa heran Indonesia tetap kekeuh gelar Piala Dunia U-20 saat pandemi Corona masih belum surut.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Shin Tae-yong tukangi Timnas Indonesia U-19 sukses buat media Korea terpana. Tak cuma itu media yang sama juga menyorot keputusan memaksa Tanah Air gelar Piala Dunia U-20 2021 meski sedang Corona.

Ada yang berbeda dari penampilan Garuda Muda kali ini, sempat tampil kurang oke beberapa tahun lalu, kini terjadi perubahan 180 derajat. Ya, para bintang muda Indonesia sukses laksanakan berbagai laga uji coba dengan hasil memuaskan.

Lakukan Training Camp (TC) di Kroasia, perkembangan Timnas U-19 terbilang pesat dan salah satu contohnya ketika kalahkan tim pemuncak klasemen lokal, Hajduk Split dengan skor 4-0. Hal ini pun buat mereka akan lanjutkan pemusatan latihan lagi di Prancis.

Tak cuma diakui oleh para pecinta sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong pun dapat pujian dari media asal negara kelahirannya, YNA. Maklum saja, metode latihan sang juru taktik asal Negeri Ginseng ini sukses menggodok kualitas pemain secara individu.

"Pelatih Shin yang berasal dari Korea sukses membawa 27 pemain Timnas Indonesia U-19 sejak 30 Agustus dan kembali ke Jakarta 28 Oktober nanti. Setelah ini Timnas U-19 akan berpartisipasi dalam turnamen Toulon di Prancis akhir tahun mendatang," tulis media tersebut.

Meskipun terkesan, media asal Korea Selatan ini juga menyorot akan tindakan nekat Indonesia yang tetap menyelenggarakan gelaran Piala Dunia U-20 meskipun tahu ada Corona. Saat ini saja kasus positif sudah mencapai 373 ribu dan menelan 12 ribu korban jiwa.

"Pemerintah Indonesia mengumumkan ingin menggelar Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun depan, tepatnya dari bulan Mei hingga Juni meskipun virus Corona masih melonjak disana. Padahal PSSI mengumumkan liga berhenti sementara karena Covid-19,"

"Mengingat Indonesia jadi tuan rumah, Shin Tae-yong diberikan mandat untuk latih Timnas U-23 dan Timnas U-20 dengan kontrak empat tahun serta demi hasil bagus saat kualifikasi. Presiden Jokowi beralasan kompetisi nanti akan gunakan protokol kesehatan yang ketat,"

Kala pandemi belum ada tanda-tanda alami penurunan, banyak kalangan yang ragu akan gelaran pesta olahraga sepak bola bakal berlangsung di Indonesia. Apalagi pertandingannya akan dihelat di enam kota besar sehingga kondisi pemain sangat riskan.

Tak cuma pertimbangan itu, kompetisi Liga 1 yang sekiranya berlanjut bulan November kini malah tak ada kejelasan. Tanpa ada adanya izin dari pihak kepolisian, PSSI pun tak bisa berbuat banyak hingga liga lokal urung berjalan.

Terlepas dari carut marut tersebut, media Korea nampak yakin jika ditunjuknya Shin Tae-yong sebagai jurus utama agar Indonesia tak kehilangan muka di Piala Dunia U-20 kelak. 

IDS Emoticon Suka
Suka
24%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
3%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
3%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
21%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
8%
IDS Emoticon Marah
Marah
32%