Liga Spanyol

Kalah Lawan Real Madrid, Koeman: Mengapa VAR Hanya Digunakan Lawan Barcelona?

Minggu, 25 Oktober 2020 07:37 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Isman Fadil
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman sangat marah setelah timnya kalah dari Real Madrid pada lanjutan LaLiga Spanyol, Santu (24/10/20) malam WIB. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman sangat marah setelah timnya kalah dari Real Madrid pada lanjutan LaLiga Spanyol, Santu (24/10/20) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman sangat marah setelah timnya kalah dari Real Madrid pada lanjutan LaLiga Spanyol, Santu (24/10/20) malam WIB.

Real Madrid mengejutkan Barcelona di laga bertajuk El Clasico. Digelar di Camp Nou, Los Blancos mampu unggul lebih dulu lewat gol Federico Valverde di menit ke=5.

Tiga menit berselang wonderkid Barcelona, Ansu Fati menyamakan kedudukan. Namun, Real Madrid berhasil membuat dua gol lagi yang dicetak Sergio Ramos via penalti dan Luka Modric.

Ronald Koeman menuding kekalahan Blaugrana ini karena penalti Sergio Ramos. Pelatih asal Belanda ini masih belum menerima keputusan wasit usai laga.

Menurut Koeman penalti yang diberikan ke Real Madrid itu tidak benar. Melihat tayangan ulang VAR, Sergio Ramos memang terjatuh saat ditarik Lenglet.

Namun, sebelum itu Ramos dianggap melakukan pelanggaran dulu ke Lenglet. Sehingga membuat Lenglet merespon menariknya. Ramos yang jatuh meminta penalti dan setelah tayangan VAR wasit memberikannya.

Koeman akhirnya menegaskan bahwa timnya selalu dirugikan oleh penggunaan VAR dalam lima laga terakhir. Bahkan ia sempat mempertanyakan kepada wasit bagaimana penggunan VAR di Spanyol

"Bagi saya itu bukan penalti. Saya telah memberitahu wasit bahwa saya berharap mereka bisa menjelaskan masalah VAR di Spanyol," ucap Koeman dikutip dari Mundo Deportivo.

"Dalam lima hari, VAR hanya digunakan melawan Barcelona. Itu tidak dipakai saat penalti Messi lawan Sevilla dan dua pelanggaran kartu merah lawan Getafe. Mengapa VAR hanya digunakan lawan Barcelona?" imbuhnya.

Berkat hasil ini, Real Madrid merangsak naik ke puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol 2020/21 dengan raihan 13 poin. Sedangkan Barcelona tertahan di urutan ke-13 mengumpulkan 7 poin.