Liga Spanyol

Soal VAR, Koeman Tak Terima Dengan Keputusan Wasit

Minggu, 25 Oktober 2020 08:52 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Soal VAR, Koeman Tak Terima Dengan Keputusan Wasit Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Soal VAR, Koeman Tak Terima Dengan Keputusan Wasit

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman memberikan kritikannya kepada keputusan wasit mengenai VAR yang terjadi di laga El Clasico melawan Real Madrid.

Barcelona kalah 1-3 dari Real Madrid dalam laga El Clasico di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020) malam WIB. Blaugrana sempat menyamakan kedudukan lewat Ansu Fati usai tertinggal karena gol Federico Valverde di lima menit pertama.

Real Madrid lantas memimpin lagi di menit ke-63 berkat penalti Sergio Ramos. Penalti diberikan setelah Clement Lenglet menjatuhkan Ramos dengan menarik kaosnya.

Barcelona mencoba mengejar ketertinggalan. Tapi gol ketiga dari Luka Modric di menit ke-90 memastikan Madrid pulang dengan tiga poin.

Barcelona lebih banyak menguasai bola, tapi lebih sedikit menebar ancaman langsung ke gawang. Hanya empat tembakan on target dicatatkan Los Cules, sementara Real Madrid punya Sembilan tembakan ke arah gawang.

Sementara itu, penalti Real Madrid bisa dibilang menjadi momen kunci pertandingan tersebut. Pelatih Barcelona Ronald Koeman menilai keputusan itu tak tepat, karena tarikan yang dilakukan Lenglet relatif minimal.

"Saya tak memahami keputusan wasit. VAR cuma muncul ketika harus bertindak kontra Barcelona. Siapapun yang mengatakan ke saya bahwa itu adalah penalti sungguh tidak bisa dimengerti," kata Koeman dikutip SPORT.

Menurut Koeman, adanya Video Assistant Referee (VAR) sudah sangat merugikan Barcelona. Ini bukan kali pertamanya, La Blaugrana dirugikan karena adanya keputusan wasit yang melihat VAR sebagai acuan mereka.

"Saya tak menyukainya. Saya tak memahami VAR, semua keputusannya merugikan Barcelona. Tidak ada yang menguntungkan, tambahnya.

“Ada banyak contoh, seperti penalti untuk Messi melawan Sevilla, kartu merah Getafe, lalu apa yang terjadi hari ini. Tarikan seperti itu terjadi sepanjang waktu di area tersebut," imbuhnya.

Di sisi lain, Real Madrid pun berhasil memutus tren buruk mereka. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Los Blancos pasalnya selalu menderita kekalahan, yakni dari Huesca dengan skor 0-1 dan dihajar Shakhtar Donetsk 2-3.

Terlebih, Kemenangan Real Madrid atas Barcelona ini menjadikan tambahnya tren positif bagi pihak Los Blancos. Pasalnya, Sergio Ramos dan kawan-kawan belum memutus kemenangan tandang selama bermain melawan pasukan dari Ronald Koeman.