Liga Inggris

Telantarkan Ozil, Arteta dan Arsenal Kena Omel Sosok Legendaris

Minggu, 25 Oktober 2020 18:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Metro
Mesut Ozil dicoret dari skuat utama dan tim cadangan Arsenal di Liga Inggris dan Liga Europa. Copyright: © Metro
Mesut Ozil dicoret dari skuat utama dan tim cadangan Arsenal di Liga Inggris dan Liga Europa.

INDOSPORT.COM – Arsenal dan pelatihnya Mikel Arteta dihujani kecaman dari beberapa legenda sepak bola Inggris setelah menelantarkan Mesut Ozil dari skuat musim ini.

Mesut Ozil belum bermain untuk Arsenal sejak 7 Maret lalu. Sementara di musim ini, pelatih Mikel Arteta malah mencoretnya dari skuat utama dan tim cadangan di Liga Inggris dan Liga Europa.


Pencoretan Ozil dari skuat ini membuat nasib Ozil di London Utara semakin tak menentu. Pasalnya, klub sendiri belum berniat menjual sang pemain yang masih mengantongi gaji tertinggi sebesar 350 ribu pounds.

Selain itu, Mikel Arteta sempat menyatakan bahwa dirinya telah gagal menangani playmaker asal Jerman, dengan keputusan mencoretnya dari skuat murni karena taktik sepak bola.

Tak pelak keputusan Arsenal dan Arteta mencoret Ozil mengundang kecaman dari berbagai pihak, terutama legenda The Gunners Paul Merson dan mantan bos Tottenham Hotspur Tim Sherwood.

“Saya tidak memahami bagaimana ini (pencoretan Ozil) karena alasan sepak bola,” kata Paul Merson kepada Sky Sports melansir dari Sport Metro. 

“Anak itu terlalu berbakat, terlalu bagus. Baginya, dengan tidak mendapatkan tempat di tim Arsenal, alasannya harus lebih dari sekedar sepak bola,” jelas legenda yang pernah membela Arsenal dari 1985 – 1997 ini.

Merson juga meyakini bahwa Ozil sejatinya bisa membuktikan nilainya bila dia diberi kesempatan bermain. Selain itu, dia memang sudah berada di tim Arteta sebelum masa-masa lockdown COVID-19.

“Dia pemain yang spesial dan sayang sekali kami tidak akan melihatnya saat ini,” tandas Merson.

Mantan pelatih Tottenham Hotspur, Tim Sherwood rupanya juga sependapat dengan apa yang disampaikan Merson. Di tempat terpisah, keputusan mencoret Ozil ini bukan ditangan Arteta, melainkan Arsenal.

“Saya tidak mengerti mengapa mereka tidak memainkannya. Bagi saya, dia adalah pemain paling bertalenta yang mereka miliki,” ujar Sherwood.

“Ya, mereka punya striker luar biasa dala (Pierre-Emerick) Aubameyang dan (Alexandre) Lacazette tetapi mereka kurang kreatif dan dia (Ozil) adalah pemain top,” Sherwood memuji Ozil.

Lebih dari Sherwood juga menilai bahwa Ozil memiliki kecepatan yang luar biasa.  Saat dia mencapai performa terbaiknya, dia bisa kembali menjadi pemain papan atas yang bisa bermain untuk klub mana pun di Liga Inggris.

Ozil sendiri sebelumnya sudah meluapkan kekecewaannya terhadap Arsenal. Melalui akun Instagram-nya, dia mengecam mahalnya kesetiaan Arsenal dan merasa kecewa dengan sikap pendukung klub.

Pada awal kedatangan Arteta di  London Utara pada musim panas 2019 silam, Ozil memang sempat masuk jadi pemain regular. Namun semuanya berubah sampai sepak bola ditangguhkan pada Maret lalu.

Sementara itu, kontrak Mesut Ozil sendiri di Arsenal akan berakhir pada Juni 2021 mendatang. Setelah kontraknya berakhir, Ozil bakal meninggalkan Emirates Stadium karena ia sudah tidak mendapatkan tempat di skuat Arsenal.