Liga Indonesia

Respons Mengejutkan Warga Negara Lain Saat Tahu Nasib Liga 1 2020 Tak Jelas

Selasa, 27 Oktober 2020 11:45 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

INDOSPORT.COM - Kebingungan bukan saja melanda stakeholder sepak bola nasional lantaran kelanjutan Liga 1 2020 masih tanda tanya. Ternyata, warga negara lain pun bingung setelah mengetahui sepak bola Indonesia belum jalan.

Timor Leste baru saja memulai sepak bola lagi. Mereka melangsungkan final Copa FFTL di Stadion Gleno yang mempertemukan Lalenok United melawan AD S.L.B Laulara. Laleonok United akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Timor Leste menyusul negara-negara lain di Asia Tenggara. Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, Myanmar, Singapura, dan Vietnam sudah melanjutkan kompetisi. Sementara Filipina akan menggelar kompetisi mulai Rabu (28/10/20).

Bagaimana dengan Indonesia? Masih sebatas menjadi penonton. Sampai detik ini, PSSI belum mendapatkan izin dari Polri untuk menggelar kompetisi Liga 1 2020. Klub yang awalnya mulai latihan, kini sudah meliburkan tim lagi.

Situasi ini jelas membuat bingung stakeholder sepak bola nasional. Bukan uang recehan yang dikeluarkan 18 klub untuk sekadar menggelar latihan, apalagi menggaji ofisial tim. Ternyata, kebingungan juga disuarakan warga dari negara lain.

"Banyak teman-teman dari negara lain telepon saya. Mereka pun tidak mengerti kenapa Liga Indonesia belum mulai," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Saat ini baru tanggalnya saja yang ketemu. Ya, kompetisi akan dimulai tanggal 1. Tapi masalahnya, bulan dan tahunnya belum jelas. Kabarnya, kompetisi paling cepat baru diizinkan mulai setelah pelaksanaan Pilkada Serentak atau Desember. Namun bisa juga Januari 2021.

"Kalau di Desember, lama sekali. Masalah jadwal juga ketika kompetisi nantinya baru mulai Desember," ujar Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra.

Bali United menjadi satu dari sedikit klub yang masih berlatih. Mereka kini berlatih di Lapangan Penataran Agung Kedonganan sembari berharap kompetisi Liga 1 2020 segera ada kepastian.