In-depth

Cerita Persiapan Inggris dan Nasib Sial Spanyol Jelang Piala Dunia U-20 di Indonesia

Rabu, 28 Oktober 2020 12:26 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Kondisi terkini salah satu venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Manahan Solo. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Kondisi terkini salah satu venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Manahan Solo.

INDOSPORT.COM - UEFA telah menetapkan lima besar tim teratas Eropa yang akan menuju putaran final Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Posisi lima teratas saat ini dalam peringkat koefisen berdasarkan hasil UEFA Cup U-20 musim lalu ialah Inggris, Prancis, Italia, Belanda dan Portugal.

Kelima tim tersebut akan mewakili benua Eropa pada bulan Mei dan Juni di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Indonesia. Sebelumnya, ajang Piala Eropa U-19 yang sedianya digelar di Irlandia Utara Oktober ini terpaksa dibatalkan karena pandemi corona.

Padahal ajang tersebut menjadi penentu lima tim Eropa yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. 

Oleh karena itu, pihak Asosiasi Sepak Bola Eropa alias UEFA akhirnya menetapkan lima tim untuk berlaga di ajang itu lewat peringkat koefisien UEFA hasil laga musim lalu.

UEFA juga telah menunda pengenalan format turnamen baru untuk kelompok usia U-19 dan akan mempertahankan struktur saat ini untuk kompetisi di musim 2021/22.

Pada bulan Agustus, UEFA juga membatalkan Turnaemen Piala Eropa Wanita U-17 karena alasan yang sama. UEFA membatalkan ajang itu untuk meringankan beban operasional dan keuangan tambahan pada asosiasi selama pandemi yang disebabkan oleh kondisi yang mempengaruhi perjalanan dan akomodasi pemain.

Beban untuk menggelar turnamen semakin berat karena harus disertai pengujian untuk menjaga kesehatan atlet dan meminimalkan potensi risiko penyebaran corona.

Di luar semua itu, beberapa tim Eropa sebut saja Inggris dan Spanyol punya cerita berbeda jelang Piala Dunia U-20 tahun depan di Indonesia. Berikut INDOSPORT merangkumnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%