Liga Indonesia

Ketum PSSI Buka Peluang Timnas U-19 Gunakan Pemain Naturalisasi

Kamis, 29 Oktober 2020 11:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku bahwa ada kemungkinan Timnas Indonesia U-19 diperkuat pemain naturalisasi. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku bahwa ada kemungkinan Timnas Indonesia U-19 diperkuat pemain naturalisasi.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mengaku bahwa ada kemungkinan Timnas Indonesia U-19 diperkuat pemain naturalisasi. Namun itu semua ia serahkan kepada pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, apakah memiliki keinginan menggunakan pemain naturalisasi.

Timnas Indonesia U-19 memang tengah disiapkan untuk hajat besar. Mereka nantinya akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 dan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Bermain di rumah sendiri dan sekelas Piala Dunia, tentu Indonesia tidak mau hanya sukses sebagai penyelenggara saja. Setidaknya diharapkan Timnas Indonesia meraih prestasi.

Terkait hal ini, Timnas Indonesia U-19 pun bisa saja diperkuat pemain naturalisasi. Selain itu PSSI juga masih terus mencari pemain keturunan yang berada di luar negeri.

"Kemungkinan (naturalisasi) itu ada. Saya tidak ikut campur itu. Soal pemain Itu diserahkan ke Shin Tae-yong dan dikawal direktur Teknik (Indra Sjafri)," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Naturalisasi bisa saja jika diminta pelatih. Sekali lagi, saya sampaikan, silakan pemain dicari Anda (pelatih). Saya tidak bisa intervensi pemain," tambah pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Sejauh ini telah ada empat pemain keturunan yang bahkan mengikuti training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Mereka adalah Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa.