In-depth

Jasa Josep Bartomeu yang Tak Boleh Dilupakan Barcelona

Jumat, 30 Oktober 2020 15:46 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Terlepas dari kekurangannya, Josep Maria Bartomeu memiliki sejumah jasa di klub LaLiga Spanyol Barcelona, terutama sukses mendatangkan pemain berkualitas. Copyright: © Getty Images
Terlepas dari kekurangannya, Josep Maria Bartomeu memiliki sejumah jasa di klub LaLiga Spanyol Barcelona, terutama sukses mendatangkan pemain berkualitas.

INDOSPORT.COM - Terlepas dari kekurangannya, Josep Maria Bartomeu memiliki sejumah jasa di klub LaLiga Spanyol Barcelona, terutama sukses mendatangkan pemain berkualitas.

Revolusi besar-besaran memang tengah terjadi di raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Sejumlah perubahan signifikan pun mulai terlihat di klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Kondisi itu sendiri terjadi menyusul mulai merosotnya prestasi Barcelona baik di level domestik, sampai antar klub-klub Eropa. Contoh nyatanya terlihat di musim 2019/20 lalu.

Setelah bertahun-tahun, Barcelona untuk kali pertama merasakan yang namanya puasa gelar juara. LaLiga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions, tidak ada satu pun yang berhasil mereka menangkan.

Di pentas Liga Champions 2019/20 sendiri, mereka bahkan harus menahan rasa malu setelah takluk dengan skor telak 2-8 dari raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen.

Buntut dari musim 'suram'tersebut, Barcelona pun langsung memecat sang pelatih, Quique Setien, yang jadi kambing hitam kegagalan Blaugrana menyabet gelar juara.

Selain Setian, fans Barcelona sendiri menyebut ada satu aktor lagi yang menjadi biang kerok mulai menurunnya kualitas permainan dan prestasi Barcelona. Sosok itu tak lain sang presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

Dilansir dari Marca, rasa ketidakpercayaan fans Barcelona terhadap Bartomeu sudah tercium sejak ada rumor bahwa ia menggunakan buzzer untuk mempertahankan jabatan, dan berujung pada mundurnya Emili Rousaud dari jabatan wakil presiden.

Setelah kasus yang ternyata tak bisa berlanjut karena minimnya bukti tersebut, Bartomeu juga dianggap membawa klub pada krisis keungan, lantaran banyak mendatangkan pemain dengah harga mahal namun minim kontribusi.

Dari situ, mulai bermunculan gerakan-gerakan mosi tidak percaya terhadap Bartomeu. Bahkan ada petisi yang telah ditandatangani 20 ribu orang yang menuntut Bartomeu mundur dari jabatannya di Barcelona.

Sempat menyatakan tidak akan terpengaruh dan akan terus menjalani jabatannya, Bartomeu secara mengejutkan akhirnya memutuskan untuk melepas jabatannya pada Selasa (27/10/20) lalu seperti dilansir dari ESPN.

Selama enam tahun menjabat sebagai presiden ke-40 Barcelona, memang tidak semua keputusan Josep Maria Bartomeu mendapat nilai bagus. Namun, tentu ada juga yang tidak buruk dan justru membuat Barcelona makin kuat.

Contohnya dalam urusan mendatangkan pemain. Bartomeu memiliki peran mendatangkan sejumlah pemain bagus yang memberi keuntungan bagi Blaurgara. Siapa saja permain tersebut? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan pembahasannya:

1. Clement Lenglet

Charles Puyol saat ini mungkin bisa bernapas lega karena lini belakang Barcelona saat ini masih terjaga kesolidanya. Pasalnya, Blaugrana saat ini memiliki seorang Clement Lenglet di posisi bek tengahnya.

Barcelona yang tengah menjalani tahun keempat era kepemimpinan Bartomeu mendatangkan Lenglet dari Sevilla pada 2018 lalu. Tidak tanggung-tanggung, dana sebesar 35 juta euro (sekitar Rp604 miliar) dikeluarkan untuk menebusnya.

Tak ingin membuat Barcelona merasa sia-sia sudah mengeluarkan dana besar, Lenglet sukses membuktikan diri menjadi bek andalan. Cederanya Samuel Umtiti juga menjadi berkah karena dirinya langsung selalu menjadi pilihan utama bersama Gerard Pique.

Saat ini, Lenglet tercatat sudah mempersembahkan dua gelar juara bagi Barcelona, yakni trofi LaLiga 2018/19 dan Supercopa de Espana 2019 usai melibat mantan timnya Sevilla 2-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%