Bola Internasional

Vamos Indonesia Kirim 20 Pemain ke Eropa, Main di Divisi 3 dan 4 Liga Kroasia

Jumat, 30 Oktober 2020 13:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Vamos Indonesia
BNI Vamos Indonesia Team goes to Croatia. Copyright: © Vamos Indonesia
BNI Vamos Indonesia Team goes to Croatia.

INDOSPORT.COM - Vamos Indonesia telah memberangkatan 20 pemain muda Indonesia untuk menimba ilmu di Eropa, tepatnya di Kroasia. Beberapa pemain bahkan akan membela klub-klub divisi 3 dan 4 Liga Kroasia.

Setelah empat musim sebelumnya mengirim pemain ke Spanyol, kini Vamos Indonesia memberangkatkan 20 anak Indonesia berusia 17-20 tahun yang didapat dari hasil seleksi di turnamen Liga Top Skor, Piala Soeratin serta Tim Pelajar Indonesia.

Kroasia dipilih karena akses, fasilitas, iklim kompetisi serta masih menjadi kekuatan sepak bola terkuat di dunia (saat ini ranking 9 FIFA). 

Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan mengatakan kualitas anak Indonesia juga tak kalah dengan pemain Eropa. Karenanya, program ini diharapkan bisa membantu pesepakbola muda berkembang lebih baik.

"Sebenarnya kalau masalah talenta dan bakat, anak-anak Indonesia tidak pernah kalah dan mampu bersaing dengan pemain luar. Namun hal yang membedakan adalah, pemain luar itu terbentuk lewat kompetisi yang bagus dan berjenjang, sehingga memunculkan fighting spirit, mental serta attitude yang lebih baik," ujarnya.

Dua pemain dari tim Vamos Indonesia akan bermain di Divisi Tiga Kroasia yakni Muhammad Reza Kusuma (20) dan Aditya Affasha Riawan (19) yang akan memperkuat NK Primorac. Saat ini, Primorac menduduki klasemen 10 dari 17 tim di Divisi Tiga Wilayah Selatan (Divisi Tiga dibagi dalam 4 wilayah). 

Lalu tiga pemain Vamos Indonesia lainnya memperkuat HNK Zadar di Divisi Empat Kroasia, yakni adalah Dennish Diaz Himawan (19), Raihan Abdul Hakim Hadi Rizki (19) atau biasa disapa Rere dan Teguh Pangestu (19). Sedangkan 15 pemain Vamos Indonesia yang masih berusia 17 dan 18 tahun, akan berlatih bersama akdemi klub HNK Zadar. 

Selain berlatih di Kroasia, 20 pemain Vamos Indonesia juga disiapkan mengikuti beberapa turnamen di Eropa yang digelar tahun depan, antara lain Mediterranian International Cup (MIC) yang berlangsung 30 Maret-5 April 2021 di Costa Brava, Spanyol dan Gallini Cup di Italia pada akhir April 2021.