Bola Internasional

Sukseskan Timnas Indonesia U-19, Media Korea Soroti Kritik Pedas ke Shin Tae-yong

Kamis, 29 Oktober 2020 19:29 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor:
© Naufal/PSSI
Sukses kembangkan taji Timnas Indonesia U-19, media Korea soroti kritik komentator Tanah Air kepada Shin Tae-yong. Copyright: © Naufal/PSSI
Sukses kembangkan taji Timnas Indonesia U-19, media Korea soroti kritik komentator Tanah Air kepada Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pencapaian gemilang Timnas Indonesia U-19 berkat tangan dingin Shin Tae-yong tak lepas dari beberapa kritik. Hal ini pun menjadi perhatian media asal sang pelatih di Korea Selatan.

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20, Indonesia tentu tak mau tampil kurang optimal dan langsung menggenjot performa mereka. Ide gemilang lantas dicetuskan oleh pelatih Shin Tae-yong yang berinisiatif gelar pemusatan latihan di Kroasia.

Setelah dua bulan hadapi 11 tim tingkat junior, pengalaman memadai berhasil buat kualitas Garuda Nusantara naik secara signifikan. Statistik lima kali menang dan salah satunya kalahkan tim pemuncak klasemen liga Kroasia, Hajduk Split, dengan skor 4-0 jadi buktinya.

Kendati gemilang, perkembangan Shin Tae-yong ini ternyata sempat jadi pergunjingan di Tanah Air setelah komentator Yusuf Kurniawan atau Bung Yuke berikan penilaian tersendiri. Media Korea, Asean Express pun mewartakan topik yang jadi bahan perdebatan tersebut.

"Dalam beberapa waktu terakhir, dunia sepak bola Indonesia ramai dengan pembicaraan terkait Shin Tae-yong. Kritikus Yusuf Kurniawan berujar: 'Pelatih Shin Tae-yong tidak cukup membangun fondasi dan filosofi sepak bola Indonesia menjadi kompetitif,'" tulis media itu.

Tak cuma fokus dalam pernyataan kritikus Yusuf Kurniawan, media yang sama rupanya juga menulis aksi komentator lain, Tommy Welly yang berusaha menyanggah. Komentator yang disapa Bung Towel itu justru menyebut filosofi ialah tanggung jawab Direktur Teknik.

"Filosofi dan pondasi Timnas Indonesia adalah tanggung jawab Direktur Teknik, Indra Sjafri. Shin Tae-yong adalah pelatih utama yang bertugas maksimalkan potensi Timnas Indonesia U-19, jadi lakukan apapun yang diperlukan demi hasil 100 persen," tambah tulisan itu.

Walaupun dapat kritik, pelatih asal Negeri Ginseng itu tetap tunjukkan hasil kerja terbaiknya. Terlihat setelah habiskan masa pemusatan latihan, ia dengan bangga mengungkapkan "kerja keras dari pemain menjadi sumber kemenangan selama ini."

Terlepas dari kritik yang disorot media Korea, Shin Tae-yong kini diperbolehkan untuk pulang ke negerinya karena belum ada agenda. Menurut kabar lain, ia kini sedang mencoba meningkatkan kualitas Timnas Indonesia U-19 dengan mencari pemain-pemain keturunan lainnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
18%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
47%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
6%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%