Bola Internasional

Banyak Pemain Keturunan, Intip Tajamnya Striker Masa Depan Timnas Indonesia

Kamis, 29 Oktober 2020 17:33 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Banyaknya pemain keturunan Indonesia yang tajam dan berposisi di lini depan tampaknya dapat menjadi angin segar untuk masa depan Timnas Indonesia kelak. Lantas, siapa sajakah pemain muda keturunan Indonesia yang berposisi sebagai pendobrak lini pertahanan lawan ini?

Tanpa mengurangi rasa hormat penulis sebelumnya, sejatinya banyak pemain lokal di Timnas Indonesia muda, terutama di level U-19 yang layak disejajarkan dengan para pemain keturunan Indonesia yang sepantaran dan berada di Eropa.

Sebut saja Witan Sulaeman, yang penampilannya di atas lapangan telah menarik perhatian klub Serbia, FK Radnik Surdulica, tertarik mendatangkannya. 

© Bandung Saputra/PSSI
Penggawa Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman dalam laga lawan Dinamo Zagreb. Copyright: Bandung Saputra/PSSIPenggawa Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman dalam laga lawan Dinamo Zagreb.

Lalu ada Bagas Kaffa, David Maulana, Beckham Putra Nugraha, Supriadi, dan Brylian Aldama yang telah teruji dan menjadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang dan tengah Timnas Indonesia U-19

Belum lagi lini depannya yang diperkuat Irfan Jauhari, Saddam Emiruddin, Mohammad Bahril, hingga Braif Fatari yang menjadi striker kepercayaan Shin Tae-yong di Kroasia kemarin.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri pula bila terdapat beberapa pemain muda keturunan Indonesia di Eropa yang layak mendapatkan perhatian dari Shin Tae-yong. Persoalan cocok atau tidaknya kriteria yang dimiliki pemain muda ini nantinya akan dinilai oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Hal ini pun didukung oleh Shin Tae-yong sendiri. Pria berusia 51 tahun ini mengakui bahwa dirinya bersama tim PSSI tengah memantau perkembangan para pemain keturunan Indonesia yang mungkin bisa ia panggil untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19 nantinya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong

Akan tetapi, Shin Tae-yong mengakui bahwa ia tidak akan sembarangan dalam memilih pemain keturunan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Hal utama yang harus dimiliki tentunya adalah harus punya kualitas.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya mengakui ada banyak tahapan yang ia lalui dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin Tae-yong.

Kini Shin Tae-yong pun tak menutup kemungkinan akan kembali memanggil pemain keturunan lainnya. Bisa saja dalam pemusatan latihan selanjutnya, ia akan memanggil pemain baru.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas U-19 Latihan dan Dipimpin Shin Tae-yong

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas Shin Tae-yong.

Apa yang diucapkan Shin Tae-yong memang selaras dengan kondisi di lapangan. Ada cukup banyak pemain muda Tanah Air yang berkiprah di luar negeri, baik keturunan maupun asli Indonesia.

Salah satunya adalah terdapat beberapa pemain muda keturunan Indonesia yang berposisi sebagai penyerang. Seperti kita ketahui, sosok penyerang dalam sebuah tim berpotensi menjadi sorotan tergantung dari mampu tidaknya ia berkontribusi secara penuh untuk timnya.

Tentunya, hal ini akan memperketat persaingan untuk meraih hati Shin Tae-yong lewat ketajamannya di atas lapangan. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.