Liga Inggris

Man United vs Arsenal Laga ke-100, Rekor Solskjaer Lebih Unggul dari Ferguson

Sabtu, 31 Oktober 2020 15:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Sport Bible
Solskjaer memiliki kesamaan dengan Ferguson Copyright: © Sport Bible
Solskjaer memiliki kesamaan dengan Ferguson

INDOSPORT.COM – Ole Gunnar Solskjaer bakal mencatatkan pertandingan ke-100 saat mengawal Manchester United dalam menjamu Arsenal dengan rekor kemenangan lebih baik dari Sir Alex Ferguson.

Manchester United dijadwalkan akan menjamu Arsenal untuk lanjutan Liga Inggris pada hari Minggu (01/11/20) dini hari WIB di Stadion Old Trafford.

Pertandingan yang diprediksi sarat emosi ini akan menjadi pertandingan ke-100 yang dijalani Solskjaer sejak dirinya diangkat sebagai pelatih utama Setan Merah pada 2019 silam.

Melansir dari Sun Sport, pelatih asal Norwegia itu akan tetap mengungguli mantan pelatihnya, Sir Alex Ferguson apapun hasilnya di laga tersebut.

Hal ini bisa dilihat dari perbandingan keduanya dalam 100 pertandingan pertama mereka untuk Setan Merah. Sejauh ini, Solskjaer yang sudah mengawal tim 99 kali sudah mengemas 55 kemenangan, 21 imbang dan 23 kekalahan.

Sementara itu, Ferguson dengan 100 pertandingan Man United yang dia miliki hanya mencatat 48 kemenangan, 31 imbang dan 21 kekalahan.

Pelatih asal Skotlandia itu pertama kali mengambil alih klub pada November 1986, yang dalam perjalannya menjadi pelatih klub terbesar dan legendaris selama dua dekade.

Namun, Ferguson memiliki awal yang bermasalah selama bertugas di Old Trafford. Dia bahkan hampir dipecat sebelum kemenangan tim di Piala FA atas Nottingham Forest pada 1990 silam menyelamatkan kariernya.

Solskjaer sendiri berada di urutan ketiga dalam daftar manajer Man United setelah menahkodai sebanyak 100 pertandingan. Meski lebih unggul dari Ferguson, namun catatan Solskjaer masih kalah dari Jose Mourinho.

Mourinho menduduki peringkat kedua dengan rekor kemenangan 62 persen, enam persen lebih baik dari Solskjaer. Selama menjabat, pelatih asal Portugal ini mengemas 62 kemenangan, 23 imbang dan 15 kekalahan.

Mourinho hanya selisih dua kemenangan dari Ernest Mangnall, yang menangani The Reds antara tahun 1903 dan 1912. Mangnall juga mencatat 23 imbang dan 13 kekalahan.

Louis van Gaal, Sir Matt Busby dan Ron Atkinson mengisi tempat di antara Solskjaer dan Ferguson dengan tingkat kemenangan yang sangat mirip satu sama lain.