Liga Indonesia

Kontrak Sebagian Pemain Persipura Akan Berakhir Desember Nanti

Jumat, 6 November 2020 21:16 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan.

INDOSPORT.COM - Di balik ketidakjelasan kompetisi Liga 1 2020 karena terhalang pandemi Covid-19, klub-klub kontestan dan juga para pemain mulai dibuat pusing bukan kepalang. Pasalnya, masalah finansial dan kontrak pemain paling terkena dampak.

Persipura Jayapura salah satunya. Kontrak sebagian besar pemain mereka akan berakhir pada Desember nanti. Manajemen Persipura pun harus ekstra hati-hati dalam mengambil keputusan untuk meyakinkan pemainnya agar tetap bertahan.

Sang pelatih, Jacksen Tiago sendiri mengaku jika kontrak kerja beberapa penggawanya akan berakhir pada akhir Desember nanti hingga Januari tahun 2021 mendatang.

"Kalau tidak salah, kontrak semua pemain Persipura akan berakhir pada akhir Desember nanti hingga akhir Januari 2021," kata Jacksen kepada awak media olahraga INDOSPORT, Jumat (06/11/20).

Kendati dirinya berharap kontrak kerja para pemainnya segera diperpanjang, namun pelatih asal Brasil ini juga meminta kepada seluruh skuat Persipura untuk tetap menghormati kontrak yang masih tersisa.

Salah satunya, Jacksen mewajibkan anak asuhnya, untuk tetap menjalankan latihan yang dilakukan secara daring, tanpa terkecuali termasuk official tim.

"Sehingga selama kontrak mereka masih berjalan, semua komponen tim wajib menjalankan tugas-tugasnya sesuai kesepakatan awal dengan klub yang tercantum dalam kontrak kerja," ungkapnya.

Hal ini ditekankan Jacksen sebagai pernyataan terhadap sejumlah pemain Persipura yang bermain di turnamen tarkam dan turnamen futsal.

"Mengenai bisa atau tidak, semua mengenai peraturan yang terletak dalam klausul-klausul kontrak masing-masing komponen tim," ujar Jacksen Tiago.

Sebelumnya, manajemen Persipura Jayapura sempat mengeluhkan sikap federasi sepak bola Indonesia (PSSI) dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang belum juga memberikan kepastian soal kelanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Pasalnya, manajemen tim berjulukan Mutiara Hitam melalui asisten manajer Ridwan Bento Madubun mengaku hal itu akan sangat berdampak pada nasib pemain. Kata Bento, dengan situasi pemberhentian liga di tengah pandemi Covid-19 ini, mau tak mau pihaknya harus menyesuaikan perihal kontrak pemain.

"Mau tidak mau harus kita sesuaikan, hanya sekarang ini kan kita posisinya melakukan adendum dengan pemain, adendum kita lakukan dan kalau ada perubahan harus kita ubah lagi."

"Jangan seperti ini terus-terusan, makanya kita sarankan harus lebih cepat. Oleh karena itu dilemanya bagi klub yah di sini. mungkin bagi yang lain tidak jadi persoalan," pungkas Bento.