Liga Indonesia

Sebelum ke Inggris, Ini Prosedur Wajib bagi 26 Pemain Garuda Select

Minggu, 8 November 2020 15:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Penggawa Garuda Select kala melakukan latihan terakhir jelang menghadapi Inter Milan. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Penggawa Garuda Select kala melakukan latihan terakhir jelang menghadapi Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 26 pemain muda telah dipilih untuk ikut program Garuda Select III di Inggris. Mereka dipilih langsung oleh legenda Chelsea, Dennis Wise dan Des Walker yang akan jadi pelatihnya.

Namun, sebelum bisa berangkat ke Inggris, para pemain tersebut wajib menjalani pemeriksaan ketat mulai dari kesehatan hingga kelengkapan dokumen. Hal itu untuk memastikan tidak ada prosedur yang dilanggar.

"Proses seleksi, setiap hari ada pengurangan pemain hingga didapatkan 26 nama pemain ini. PSSI akan menerima laporan dari tim pelatih Garuda Select mengenai pemain-pemain yang akan melanjutkan program berikutnya di Inggris," ujar direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Tentu akan kami teliti terlebih dahulu kesiapan pemain. Mulai dari kesehatan sampai kelengkapan dokumen yang menjadi pegangan mereka selama di sana," imbuhnya.

Sementara itu, direktur sepak bola Garuda Select, Dennis Wise mengatakan 26 pemain yang ada masih berada dalam daftar tunggu. Kepastian berapa jumlah pemain yang akan berangkat ke Inggris akan ditentukan dalam satu pekan mendatang. 

"Selama beberapa hari ini semua berjalan fantastis, saya dan tim banyak melihat talenta-talenta berbakat pemain muda sepak bola Indonesia, saya sudah tak sabar ingin melatih mereka berikutnya di Inggris," pungkas Dennis.

Program Garuda Select merupakan hasil kerja sama PSSI dan pihak swasta. Sebelumnya, sudah ada dua generasi yang sukses jalani latihan di Inggris dan para pemainnya jadi andalan di Timnas Indonesia U-19.