Liga Indonesia

Shin Tae-yong di Mata 2 Jebolan Garuda Select, Bagas dan Brylian

Minggu, 8 November 2020 10:53 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Naufal/PSSI
Beginilah sosok pelatih Shin Tae-yong di mata dua pemain jebolan Garuda Select dan Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagas Kaffa dan Brylian Aldama. Copyright: © Naufal/PSSI
Beginilah sosok pelatih Shin Tae-yong di mata dua pemain jebolan Garuda Select dan Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagas Kaffa dan Brylian Aldama.

INDOSPORT.COM - Beginilah sosok pelatih Shin Tae-yong di mata dua pemain jebolan Garuda Select dan Timnas Indonesia U-19, Amiruddin Bagas Kaffa dan Brylian Aldama.

Sebagai pesepakbola profesional, Amiruddin Bagas Kaffa mengaku harus bisa adaptasi dengan pergantian pelatih dan gaya latihan, atau bahkan filosofi dari tiap-tiap pelatih.

Bagas Kaffa, misalnya, pernah dibina oleh sosok Fakhri Husaini di Timnas U-16, lalu bersama Ilham Romadhona di Barito U-18, hingga mendapat bimbingan dua pelatih Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Sepulang dari Inggris dalam program Garuda Select, saudara kembar dari Bagus Kahfi itu lalu promosi ke tim senior Barito Putera yang dibesut oleh pelatih Djajang Nurdjaman.

Kemudian, ia masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-19 yang ditempa untuk main di Piala Dunia U-20 2021, tentu di bawah arahan pelatih asing asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

"Sebagai pemain harus menerima itu, sudah resiko menjadi pemain, pasti ganti-ganti (pelatih)," ujar Bagas Kaffa, dinukil dari video blog di Youtube KR TV milik Roy Ricardo.

"Kita kedepannya pasti bakal menemukan pelatih yang gimana-gimana juga, kita nggak tahu kan, kita harus membiasakan diri dan adaptasi," ujar pemain yang berposisi bek kanan itu.

Bahkan, sosok Brylian Aldama yang sudah dua musim terakhir bergabung di program Garuda Select, mengaku kaget dengan gaya kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

"Awalnya kaget, metode latihan yang tiga kali sehari, latihan sampai malam juga, kita kalau malam ada gym," ungkap Brylian Aldama.

Namun, baik Bagas Kaffa maupun Brylian Aldama mengakui adanya perkembangan signifikan setelah dilatih Shin Tae-yong, mulai dari kondisi fisik hingga mental bertanding.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%