Liga Indonesia

Manajemen Persipura Belum Sodorkan Kontrak Baru untuk Pemain karena Alasan Ini

Rabu, 11 November 2020 19:26 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura saat jalani latihan di Malang. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura saat jalani latihan di Malang.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura Jayapura belum memutuskan untuk menyodorkan kontrak baru kepada para pemainnya karena masih menunggu surat keputusan dari induk federasi sepak bola Indonesia (PSSI) dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) perihal persoalan hak dan kewajiban pemain di tengah pemberhentian Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19.

Manajemen Persipura melalui sekretaris umum klub, Rocky Bebena menyadari jika sebagian besar kontrak pemainnya akan segera tuntas pada Desember nanti. Namun, mereka belum bisa menentukan ihwal tersebut karena masih menunggu surat PSSI.

"Untuk kontrak pemain masih berlaku 50 persen. Kita berharap secepatnya PSSI mengeluarkan surat terkait dengan persoalan kontrak karena kompetisi sudah ditunda," ungkap Rocky, Rabu (11/11/20).

Kata Rocky, perihal tersebut, manajemen Persipura bahkan sudah bersurat kepada pihak sponsor klub untuk menunggu surat dari PSSI agar bisa mencari titik temu untuk menentukan permasalahan kontrak pemain.

"Dengan adanya penundaan kompetisi ini manajemen Persipura sudah menyurati ke sponsor karena kelangsungan tim kita ada di sponsor," ujar Rocky.

Mewakili manajemen tim berjuluk Mutiara Hitam, Rocky juga berharap PSSI bisa segera mengambil keputusan dan menerbitkan surat agar tak ada kesan mendadak.

"Tidak mungkin juga kita ambil keputusan tanpa ada landasan dari federasi, untuk itu secepatnya ketika ada surat dari PSSI pasti manajemen akan mengambil keputusan, karena kita tidak mau semua yang kita lakukan tidak ada protek dari federasi, semua yang kita ikutkan ini kan agendanya federasi, tidak mungkin kita bertindak tanpa ada dasar hukum," tuturnya.

Sebelumnya, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengultimatum para pemainnya untuk tetap bersikap profesional selama masih memiliki kontrak kerja, meskipun kompetisi Liga 1 2020 tengah terhenti akibat pandemi Covid-19.

Jacksen menuturkan, kontrak sebagian besar pemain Persipura akan berakhir pada Desember nanti, dan sebagian pemain lainnya selesai pada Januari tahun depan.

"Kalau tidak salah, kontrak semua pemain Persipura akan berakhir pada akhir Desember nanti hingga akhir Januari 2021 mendatang," ujar Jacksen.

Perihal tersebut, pelatih berkebangsaan Brasil ini menuntut para pemainnya untuk mengedepankan profesionalitas dan menghormati kontrak kerja yang masih berjalan. 

"Selama kontrak mereka masih berjalan, semua komponen tim wajib menjalankan tugas-tugasnya sesuai kesepakatan awal dengan klub yang tercantum dalam kontrak kerja," tekannya.

Saat ini, skuat tim Mutiara Hitam Persipura masih terpencar di daerah masing-masing. Sebagian besar pemain memutuskan kembali ke kampung halaman. Sementara Jacksen bersama pelatih fisik Breno Araujo, pelatih kiper Gerson Rios dan gelandang asal Brasil, Thiago Amaral masih bertahan di Kota Batu, Malang.