Liga Indonesia

Begini Tanggapan Menpora Terkait Wacana Jadwal Liga 1 dan Liga 2 2020-2021

Kamis, 12 November 2020 19:31 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, turut menanggapi perihal wacana jadwal kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 yang akan digelar tahun depan. Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, turut menanggapi perihal wacana jadwal kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 yang akan digelar tahun depan.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, turut menanggapi perihal wacana jadwal kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 yang akan digelar di awal-awal tahun depan. Terlebih Liga 1 dan Liga 2 2020 kini berubah nama menjadi Liga 1 dan Liga 2 2020-2021.

Sebagaimana diketahui, kelanjutan dua kompetisi sepak bola profesional di Indonesia tersebut kembali ditunda. Sempat diharapkan dapat bergulir Oktober dan November 2020, namun batal karena tak kunjung mendapat izin keramaian dari Polri karena masih tingginya angka kasus Covid-19 di negeri ini.

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi bersama PSSI pun telah memutuskan jadwal Liga 1 rencananya digelar Februari-Juli 2021 dan liga 2 mulai Februari-Maret 2021. Namun hingga saat ini, PSSI maupun LIB belum memutuskan dan mengumumkan tanggal kepastian bergulirnya.

Menanggapi belum jelasnya tanggal kepastian bergulirnya dua kompetisi tersebut, Menpora mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa masuk mencampuri hal itu. Namun pihaknya hanya bisa berkoordinasi dengan PSSI.

"Terkait pengaturan, jadwal, kompetisi dan lain sebagainya, saya sudah bilang ke teman-teman di Kemenpora kita tidak boleh masuk, karena itu urusan internal federasi," ujar Menpora di Medan, Kamis (12/11/2020).

Zainudin mengatakan, meski tidak bisa mencampuri urusan PSSI, sebagai bagian dari pemerintah, Kemenpora tetap siap memfasilitasi segala hal terkait persiapan liga. Kemenpora juga akan terus berkoordinasi dengan PSSI terkait pelaksanaan kompetisi di 2021.

Maka dari itu, menyerahkan semuanya terkait tanggal pelaksanaan kelanjutan dua kompetisi sepak bola profesional Indonesia itu kepada PSSI dan LIB selaku operator.

"Kami sebagai pemerintah turut memfasilitasi saja. Kita tidak bisa masuk terlalu dalam terhadap urusan internal federasi. Apalagi sampai mencampuri, mengatur-atur. Dari kami (Kemenpora) memfasilitasi. Apa yang dibutuhkan oleh Cabang olahraga termasuk sepak bola itu kami dukung," pungkasnya.

Sebagai informasi, Menpora Zainudin Amali datang ke Medan, Sumatra Utara memaparkan terkait Uji Publik Grand Design Olahraga di salah satu hotel berbintang di Medan. Selain itu, dalam kesempatan itu Menpora juga menegaskan bahwa PON XXI Sumut dan Aceh tetap digelar pada 2024 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%