Liga Spanyol

Luis Figo Nostalgia, Bintang Ini Bakal Jadi Pengkhianat Barcelona?

Minggu, 15 November 2020 12:51 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Valerio Pennicino/Getty Images
Luis Figo yang terkenal dengan label pengkhianat menyebut ada satu pemain Barcelona yang mirip dirinya. Apakah ini sinyal ada pembelot lainnya? Copyright: © Valerio Pennicino/Getty Images
Luis Figo yang terkenal dengan label pengkhianat menyebut ada satu pemain Barcelona yang mirip dirinya. Apakah ini sinyal ada pembelot lainnya?

INDOSPORT.COM - Nuansa nostalgia nampak dirasakan oleh Luis Figo ketika melihat mantan klubnya, Barcelona memiliki satu pemain mirip dengan dirinya. Apakah bintang raksasa LaLiga Spanyol itu juga bakal menjadi pengkhianat?

Sebelum menyandang status legenda, Figo telah dikenal sebagai salah satu pemain hebat Catalan pada masanya, bahkan sebelum era Lionel Messi. Bagaimana tidak? Gabung dari Sporting Lisbon 1995 silam, ia langsung tampil apik dengan persembahkan tujuh trofi berbeda.

Ditandemkan dengan Ronaldo si Fenonemal, Rivaldo, dan Patrick Kluivert di garis depan buat kombinasi serangan El Barca sulit dibendung. Statistiknya pun cukup mengesankan lewat 45 gol dan 51 assists selama lima tahun masa baktinya di Camp Nou.

Akan tetapi prestasinya itu juga disertai dengan aksi kontroversial ketika berlabel pengkhianat gara-gara gabung rival LaLiga Spanyol, Real Madrid pada 2000 lalu. Ya, ditebus dengan mahar 62 juta euro (Rp1 triliun), ia lantas menjadi musuh dalam selimut eks timnya.

Kendati banyak hujatan dari para Cules, Figo tetap tak ambil pusing dan berhasil sabet Ballon d'Or di tahun yang sama, sekaligus rentetan trofi bagi Si Kuping Besar. Setelah gantung sepatu, legenda Portugal ini melihat ada cerminan dirinya di Ousmane Dembele.

"Jika anda bertanya tentang pemain yang paling mirip dengan saya, maka dia adalah Ousmane Dembele. Dia hanya kurang beruntung gara-gara alami cedera berkepanjangan, namun aslinya punya potensi besar tersembunyi," tutur Figo dilansir Barca Universal.

Dembele sendiri memang serupa tapi tak sama dengan winger legendaris tersebut. Pasalnya, pemain berkebangsaan Prancis ini menjadi sosok pembelot secara tak langsung usai kerap absen, terlihat dengan jumlah 22 gol saja semenjak gabung 2017 lalu.

Setelah sekian lama berdalih gara-gara cedera, Si Kaki Kaca ini kemudian baru mulai bersemangat lagi bela Barca setelah Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih utama. Terancam bakal ditendang buatnya berjuang keras untuk bertahan.

Walaupun merasa mirip dengan Dembele, cerminan Luis Figo justru lebih layak disandang Lionel Messi yang kini berkonflik dengan Barcelona. La Pulga kini berniat untuk hengkang, tapi bukan ke musuh LaLiga Spanyol, Real Madrid, melainkan lintas liga ke Manchester City.