Liga Inggris

Awas Liverpool, Manchester City Siap Bangkit Total di Januari

Senin, 16 November 2020 17:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tak cuma menggunakan kehebatannya, Manchester City juga bakal dapat efek domino kedatangan Lionel Messi yang bisa membuat rival-rival di Liga Inggris khawatir. 

Kepergian Lionel Messi dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, nampak tak akan terelakkan lagi. Bak kapal yang terbentur karam, Barcelona tengah menunggu tenggelam. 

Sebelum kapal tersebut tenggelam, Lionel messi pun disarankan segera hengkang, paling cepat Januari ini. Hubungan El Barca dengan La Pulga sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya baik itu di dalam maupun luar lapangan. 

Dari pertentangan soal pemilihan pemain dengan pelatih Ronald Koeman, sampai perang kata-kata dengan eks presiden Josep Maria Bartomeu, Lionel makin berhasrat pindah. 

Beruntungnya, ada klub kaya raya yang siap menampungnya. Klub itu tak lain adalah Manchester City. 

Setelah serangkaian pendekatan, Manchester City yang terkesima dengan performa pemain andalan La Albiceleste itu pun berminat mendatangkannya. Usaha ini sudah dilakukan sejak musim panas lalu, tetapi ternyata terganjal klausul pelepasan. 

Namun, The Citizens tak ingin menyerah pada bulan Januari ini. The Citizen pun siap pertahankan Pep Guardiola serta Sergio Aguero yang sebelumnya ingin ke MLS. 

Ya, ketika performa Catalan kian meragukan dengan metode latihan Koeman, Messi tentu bakal lebih terpikat untuk bereuni dengan Guardiola. Maklum, juru taktik asal Spanyol itu menjadi alasan sang bintang bisa begitu hebat semenjak berkarier di Barcelona.

© Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Lionel Messi dari Barcelona merayakan setelah mencetak gol kedua timnya dari titik penalti selama pertandingan penyisihan Grup G Liga Champions UEFA antara Juventus dan FC Barcelona Copyright: Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty ImagesLionel Messi dari Barcelona merayakan setelah mencetak gol kedua timnya dari titik penalti selama pertandingan penyisihan Grup G Liga Champions UEFA antara Juventus dan FC Barcelona

Awalnya Manchester City sendiri mulai ragu dengan Guardiola yang hanya menang gelar domestik dan malah hamburkan uang senilai 594 juta euro (Rp9,9 triliun) demi belanja pemain. Tapi kini mereka siap tawarkan kontrak baru karena kedatangan pemain terhebat dunia.

Usia Lionel Messi saat ini 33 tahun, itu artinya masih ada 3-5 tahun waktu bagi Messi untuk memberikan trofi Eropa untuk Man City. Usia Sergio Aguero juga masih 32 tahun dan siap kembali tampil tajam. 

Tandem keduanya pun patut diwaspadai oleh rival-rival mereka di Liga Inggris, terutama Liverpool. Jika tak ingin tersalip, ada baiknya Liverpool atau klub lain segera mencari poin sebanyak mungkin. 

Sebab, kebangkitan tengah diusung Man City dimulai dari bursa transfer Januari ini. Duet Sergio Aguero dan Lionel Messi plus pelatih Pep Guardiola diyakini bakal sulit terhentikan di Liga Inggris. 

Man City sendiri saat ini tengah mengalami awal musim yang berat karena terpuruk di peringkat ke-10 pada pekan kedelapan. Mereka berselisih enam angka dari Leicester City yang memuncaki klasemen dengan 18 poin, serta terpaut lima angka dengan Liverpool favorit utama juara musim ini. 

Menariknya, melansir laman Football Espana, mengingat grup bisnis dari Man City sangatlah besar, mereka juga sudah menawarkan klub perhentian terakhir (pensiun) bagi Messi, yakni New York City. Tentu di tim itu gaji Messi tetap akan tinggi.

Jaminan 'hari tua' ini pun diharapkan makin menarik minat Lionel Messi gabung ke Etihad Stadium ketimbang menunggu kehancuran Barcelona menjadi tim pesakitan selama beberapa musim ke depan.