Liga Indonesia

Liga 1 Berhenti, Bintang Persebaya Putar Otak Atur Keuangan

Jumat, 20 November 2020 21:01 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Mandeknya kompetisi Liga 1 harus diakui berdampak secara langsung kepada kondisi keuangan pemain sepak bola Indonesia. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Mandeknya kompetisi Liga 1 harus diakui berdampak secara langsung kepada kondisi keuangan pemain sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mandeknya kompetisi Liga 1 harus diakui berdampak secara langsung kepada kondisi keuangan pemain sepak bola Indonesia. Salah satunya bintang Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando. yang memutar otak untuk mencukupi kebutuhan selama kompetisi berhenti.

Oktafianus Fernando mengatakan saat ini ia lebih mengutamakan kebutuhan utama untuk dipenuhi dan menyampingkan keinginan yang tidak penting.

"Ya misalnya nongkrong saat ini mulai dibatasi. Keluar-keluar yang tidak perlu sekarang dikurangi, lebih baik jaga kondisi saja," kata Oktafianus Fernando pada Jumat (20/11/20).

Sebagai kepala keluarga, Oktafianus juga membagi antara uang tabungan dan untuk kebutuhan sehari-hari. Tujuannya agar tidak tercampur dan juga bisa mengukur seberapa besar pengeluaran.

"Jadi sebisa mungkin jangan sampai memakai uang tabungan, uang yang kita dapat dari Persebaya. Jangan keluar terlalu banyak," lanjut Kakak dari pemain Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan itu.

Bagi Ofan, sapaan akrabnya, kebutuhan anak menjadi prioritas sehingga uang yang didapat akan dikelola sedemikian rupa agar tidak keluar untuk hal-hal yang percuma.

"Prioritasnya saat ini untuk anaknya tersebut, sekarang keperluannya untuk anak saja. Misalnya ada imuniasi rutin," tutupnya.

Ofan berharap lanjutan kompetisi Liga 1 segera dimulai lagi, sebab dia sudah rindu dengan atmosfer sepak bola. Tak hanya itum ia juga kangen dengan suasana latihan bersama rekan-rekannya yang lain di Persebaya.