Liga Indonesia

Ricky Yacobi Meninggal Dunia, Ahmad Sukisno Terkenang Saat Main Bareng di Arseto Solo

Sabtu, 21 November 2020 12:06 WIB
Kontributor: Prabowo | Editor: Pipit Puspita Rini
© Yohanes Ishak/INDOSPORT
Ricky Yacobi, mantan pemain Timnas Indonesia. Copyright: © Yohanes Ishak/INDOSPORT
Ricky Yacobi, mantan pemain Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia dan juga Kota Solo berduka. Salah satu legenda sepak bola, Ricky Yacobi, meninggal dunia, Sabtu (21/11/2020) pagi, di Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta.

Dari video yang beredar di grup WhatsApp, Ricky terlihat tak sadarkan diri di tengah lapangan dan mendapat pertolongan awal dari rekan-rekannya saat bermain sepak bola di kawasan, Senayan, Jakarta. 

Sosok yang turut membawa Arseto Solo juara Galatama 1992 itu kemudian dilarikan ke rumah sakit. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

Salah satu rekan Ricky di Arseto Solo, Ahmad Sukisno, kaget mendengar sosok kelahiran Medan itu mengembuskan napas terakhir. Dia sebelumnya hanya mendapatkan kabar dari grup WhatsApp bahwa Ricky ambruk saat bermain bola.

"Tadi pagi di WhatsApp dikabari kalau Ricky serangan jantung pas main bola dan minta doanya. Lha, beberapa menit kemudian malah dapat kabar meninggal," ujar Sukisno kepada INDOSPORT.

Meski lebih senior, sosok asal Boyolali itu mengaku bangga pernah bermain satu tim dengan Ricky, bahkan sama-sama membawa Arseto Solo juara. Terlebih dengan status sebagai bintang Timnas Indonesia.

"Ricky itu orangnya baik dan tidak neko-neko. Saat latihan maupun bermain, dia benar-benar menunjukkan etos kerja yang luar biasa," paparnya.

Mantan pemain Persis Solo itu menambahkan, salah satu laga yang paling dikenang adalah melawan Tunas Inti saat Galatama musim 1983 di Jakarta. Saat itu, Sukisno mencetak gol indah dan mendapat sanjungan dari Ricky Yacobi.

"Saat itu dia mendapat pengawalan super ketat dari pemain lawan. Karena sulit memberi umpan ke dia, bola saya tendang sendiri dan jadi gol. Ricky memberi apresiasi saat itu," kata Sukisno.

"Semoga Ricky khusnul khotimah dan amal ibadahnya diterima di sisi-Nya. Dia orang yang baik," tutur Sukisno.

Semasa aktif bermain, Ricky Yacobi termasuk salah satu penyerang terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Lelaki kelahiran Medan, Sumatra Utara, itu turut mengantarkan timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987.

Tidak sampai di situ, Ricky Yacobi juga merupakan salah satu pemain yang beruntung pernah menjalani karier di luar negeri. Ricky bergabung dengan Matsushita FC, klub Liga Jepang, pada 1988.