In-depth

Golden Boy Award 2020 Memang Pantas Didapatkan Erling Haaland

Minggu, 22 November 2020 11:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Martin Meissner/Pool via Getty Images
Erling Haaland pantas mendapat apresiasi tinggi atas performanya sejak musim lalu. Wajar jika apresiasi berupa Golden Boy Award 2020 diberikan untuknya saat ini. Copyright: © Martin Meissner/Pool via Getty Images
Erling Haaland pantas mendapat apresiasi tinggi atas performanya sejak musim lalu. Wajar jika apresiasi berupa Golden Boy Award 2020 diberikan untuknya saat ini.

INDOSPORT.COM – Penyerang muda fenomenal milik Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, mendapat predikat sebagai Golden Boy Award 2020. Gelar yang baru diraihnya tersebut pun lantas ia lengkapi dengan quattrick atau empat gol di Bundesliga Jerman 2020/21 pekan ke-8.

Golden Boy Award sendiri merupakan gelar prestisius untuk pemain muda di kancah sepak bola. Penghargaan ini digagas oleh media Italia, Tuttosport, pada 2003 silam di mana pemain pertama yang memenangkannya adalah Rafael van der Vaart.

Penghargaan ini sendiri diberikan untuk pemain berusia 21 tahun ke bawah yang melibatkan jurnalis-jurnalis media kenamaan Eropa  dengan sistem voting.

Setiap tahunnya, banyak pemain muda yang meraih penghargaan ini. Penghargaan ini sendiri tak lepas dari kiprah para pemain muda di lapangan hijau selama satu tahun atau satu musim kompetisi.

Sederet nama besar seperti Wayne Rooney, Cecs Fabregas, Paul Pogba hingga Mario Balotelli pernah mendapat penghargaan ini. Tentunya, bagi para pemain muda, penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan atas sepak terjang mereka.

Teranyar, di 2020 ini Golden Boy Award mampir ke sosok Erling Haaland. Ia mampu mengalahkan para pemain muda yang menanjak di 2020 ini seperti Ansu Fati (Barcelona) dan rekan setimnya, Jadon Sancho.

Sejatinya, Golden Boy Award yang diraih Haaland bukanlah hal yang mengagetkan. Sebab, sejak 2019 lalu, penyerang berusia 20 tahun ini sudah tampil menggila dan jadi perbincangan.

Puncaknya pun terjadi di tahun 2020 ini, seusai dirinya bergabung Borussia Dortmund. Bersama Die Borussen lah Erling Braut Haaland membuktikan bahwa dirinya pantas mendapat Golden Boy Award 2020.

Haaland pertama kali bergabung Dortmund pada jendela transfer musim dingin 2020 lalu. Ia hijrah dari RB Salzburg dan merapat ke Signal Iduna Park dengan mahar sebesar 20 juta euro (Rp336 miliar) saja.

Dortmund berhasil mengalahkan tim-tim besar Eropa lainnya yang memang ngebet mendatangkan Haaland. Keputusan penyerang muda asal Norwegia ini untuk hijrah ke Jerman tak lepas dari keinginannya untuk berkembang lebih jauh.

Haaland merasa Dortmund adalah tempat yang tepat untuk pemain muda sepertinya berkembang. Keputusan ini sangat tepat. Secara singkat, ia mampu membuktikan perkembangannya.

Bahkan, berkat kepindahannya ke Dortmund inilah, Haaland mampu meraih penghargaan Golden Boy Award 2020. Penghargaan ini menjadi bukti akan kapasitasnya di lima liga top Eropa dan Liga Champions.

Sejak hijrah ke Dortmund pada 2019 lalu, Haaland telah memainkan 22 laga di Bundesliga Jerman. Hebatnya, ia mampu mencetak 23 gol dalam jumlah penampilan tersebut.

Ketajamannya pun berlanjut di kancah Liga Champions. Dalam 11 laga di kompetisi paling elit se benua biru itu, Haaland mampu mencatatkan 14 gol yang ia torehkan bersama RB Salzburg dan Dortmund.

Catatan-catatan ini menjadi bukti nyata bahwa memang Haaland telah ditakdirkan untuk meraih Golden Boy Award 2020. Bahkan, penghargaan ini bisa saja ia upgrade menjadi Ballon d’Or di kemudian hari.

Namun, untuk meng-upgrade Golden Boy Award menjadi Ballon d’Or, Erling Braut Haaland harus membuktikan satu hal yang paling penting di sepak bola modern ini, yakni gelar kolektif seperti piala dan liga bersama Borussia Dortmund.