In-depth

Andik Vermansah, Lionel Messi dari Indonesia yang Diakui FIFA

Selasa, 24 November 2020 17:27 WIB
Editor: Isman Fadil
© Andrew Gal/NurPhoto via Getty Images
Andik Vermansah (kiri) saat membela Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Andrew Gal/NurPhoto via Getty Images
Andik Vermansah (kiri) saat membela Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Andik Vermansah merayakan ulang tahunnya yang ke-29 pada Senin, 23 November 2020. Pemain milik Bhayangkara FC ini pernah mendapatkan julukan Lionel Messi Indonesia dari FIFA.

Beberapa tahun silam, FIFA pernah melontarkan pujian untuk Andik Vermansah. Induk sepak bola dunia itu menilai Andik memiliki beberapa kelebihan sebagai seorang pesepakbola yakni kecepatan, akselerasi, dan dribbling.

Meski begitu, julukan itu tidak membuat Andik sombong tetapi justru bingung. Andik merasa dirinya belum bisa disejajarkan dengan bintang Barcelona, Lionel Messi. 

"Sejujurnya (julukan) itu memberikan saya banyak tekanan. Saya bukan Messi, Messi adalah pemain hebat. Saya masih perlu bekerja lebih keras dan melakukan yang terbaik untuk menjadi pesepakbola yang lebih baik," kata Andik Vermansah pada 2013 silam menukil dari laman resmi FIFA.

© FIFA.
FIFA menjuluki Andik Vermansah sebagai Lionel Messi dari Indonesia. Copyright: FIFA.FIFA menjuluki Andik Vermansah sebagai Lionel Messi dari Indonesia.

Pujian dari David Beckham dan Patrick Kluivert

Bakat Andik Vermansah juga mendapatkan sanjungan dari mantan kapten Timnas Inggris, David Beckham. Kala itu, Beckham bersama LA Galaxy menyambangi Tanah Air untuk melakoni laga persahabatan menghadapi Indonesia All-Stars pada 2011 silam.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Andik yang ikut ambil bagian memperkuat Indonesia All-Stars sempat membuat 'jengkel' Beckham sehingga melakukan tackling yang sangat keras berkat aksinya yang merepotkan pemain LA Galaxy.

Dalam pertandingan tersebut, LA Galaxy berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0. Walaupun demikian, Beckham mau bertukar jersey dengan Andik Vermansah di akhir laga.

Pertemuannya dengan David Beckham membuat kepercayaan diri Andik semakin meningkat. Pemain kelahiran Surabaya ini pun mengaku bersyukur bisa menghadapi legenda Manchester United tersebut.

"Alhamdulillah, setelah pertemuan ini saya menjadi lebih dikenal dan tentu saja perkataan Beckham sangat meningkatkan kepercayaan diri saya," imbuh Andik.

Selain David Beckham, Andik Vermansah juga mendapatkan pujian dari mantan asisten pelatih Timnas Belanda, Patrick Kluivert.

Pada tahun 2013, Belanda melakukan pertandingan uji coba melawan Timnas Indonesia di GBK. Andik yang masuk pada babak kedua menggantikan Greg Nwokolo mampu memberi ancaman melalui kecepatannya.

Penetrasinya di sisi kiri pertahanan Timnas Belanda berujung pada pujian Patrick Kluivert. Pria yang kini menjabat sebagai direktur sepakbola usia muda Barcelona ini menilai Indonesia beruntung mempunyai Andik Vermansah.

Namun sayang, Indonesia yang diperkuat Andik tetap gagal mencetak gol sehingga skuat Merah Putih harus menyerah dengan skor 0-3 dari Belanda.