Bola Internasional

Demi Maradona, Eks Pelatih Chelsea Ingin Nomor 10 Dipensiunkan dari Sepak Bola

Kamis, 26 November 2020 22:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Archivo El Grafico/Getty Images
Mantan pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas, ingin FIFA pensiunkan nomor 10 menyusul kabar meninggalnya Diego Maradona. Copyright: © Archivo El Grafico/Getty Images
Mantan pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas, ingin FIFA pensiunkan nomor 10 menyusul kabar meninggalnya Diego Maradona.

INDOSPORT.COM - Komentar mengejutkan datang dari mantan pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas terkait kepergian Diego Maradona. Pelatih yang kini bertugas di Olympique de Marseille itu bahkan mengungkapkan ide gilanya.

Berbicara dalam konferensi pers pasca pertandingan menyusul kekalahan 2-0 Olympique de Marseille di Liga Champions atas FC Porto, pelatih asal Portugal itu membahas kematian Maradona.

Dan mengingat peran besar Maradona akan sepak bola dunia, Villas-Boas menyarankan FIFA untuk mempensiunkan nomor punggung 10 di kompetisi manapun dan bagi tim manapun.

Ide ini diungkapkan Andre Villas-Boas berbarengan dengan kabar duka yang turut diutarakannya terkait kepergian salah satu petinggi FC Porto yang berjasa besar pada kariernya sebagai pelatih.

"Ini adalah berita yang sangat buruk, serta kehilangan anggota dewan (di FC Porto) yang sangat penting bagi saya, yang merupakan orang pertama yang membuka pintu bagi saya ke dunia kepelatihan," kata Villas-Boas dilansir dari Get French Football News.

"Dan Maradona ya, itu berita yang buruk, saya ingin FIFA mempensiunkan seragam nomor 10 di semua kompetisi, untuk semua tim. Itu akan menjadi penghormatan terbaik yang bisa kami lakukan untuknya. Dia adalah kehilangan yang luar biasa bagi dunia sepak bola."

Ide yang diungkapkan Villas-Boas memanglah bagus untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Maradona, tapi rasanya akan sulit bagi FIFA untuk mempensiunkan nomor punggung 10 dari sepak bola.

Karena pada akhirnya, meski nomor 10 identik dengan pemain bintang tapi ada sejarah berbeda yang masing-masing memiliki ceritanya tersendiri, baik di level klub maupun negara.

Menghilangkan nomor punggung 10 dari sepak bola juga akan membuat predikat nomor-nomor unik dalam sepak bola akan hilang, karena tidak ada lagi nomor spesial yang bisa digunakan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%