Bola Internasional

Legenda Liga Inggris Penghancur Prancis di Piala Dunia Dikabarkan Meninggal Dunia

Senin, 30 November 2020 10:03 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Shaun Botterill /Allsport/Gettyimages
Legenda Liga Inggris sekaligus sosok yang menghancurkan mimpi Prancis di Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop, dikabarkan telah meninggal dunia. Copyright: © Shaun Botterill /Allsport/Gettyimages
Legenda Liga Inggris sekaligus sosok yang menghancurkan mimpi Prancis di Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop, dikabarkan telah meninggal dunia.

INDOSPORT.COM – Legenda Liga Inggris sekaligus sosok yang menghancurkan mimpi Prancis di Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop, dikabarkan telah meninggal dunia.

Diop yang merupakan andalan Fulham, Portsmouth, dan Timnas Senegal ini telah menghembuskan napas terakhirnya di usia yang ke-42 tahun.

Pemegang caps Liga Inggris sebanyak 129 kali termasuk penampilannya bersama West Ham United dan Birmingham City ini merupakan sosok penghancur mimpi Timnas Prancis di gelaran Piala Dunia 2002 yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang.

Saat itu, Diop berhasil mencetak gol semata wayang kemenangan Senegal atas Prancis dalam laga pembuka Piala Dunia. Ia tercatat berhasil mencetak 2 gol lagi dalam laga kontra Uruguay sebelum kemudian membawa negaranya tampil di perempatfinal Piala Dunia 2002.

Diop juga diketahui tampil dalam 4 gelaran Piala Arika, termasuk ketika Senegal berhasil menjadi runner up pada tahun 2002 sebelum memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2013 lalu.

Di Liga Inggris, pencapaian tertinggi Diop adalah kala dirinya memimpin Portsmouth era Harry Redknapp menjadi kampiun Piala FA pada tahun 2008.

“Dia adalah sosok yang luar biasa. Diop merupakan pemain yang sangat istimewa bagi saya. Selalu tersenyum dan selalu bahagia,” ujar Harry Redknapp pada BBC Radio 5 menyusul kabar meninggalnya Papa Bouba Diop.

Pemain yang dijuluki sebagai ‘The Wardrobe’ selama berkarir di Liga Inggris ini kabarnya meninggal dunia usai berjuang dengan sakit yang telah dideritanya sejak lama.