In-depth

Apa yang Salah dari Kinerja Zinedine Zidane di Real Madrid?

Kamis, 3 Desember 2020 19:24 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alex Caparros/Getty Images
Melewati batas prediksi banyak orang, klub Real Madrid, menjalani awal musim yang sulit di LaLiga Spanyol dan Liga Champions, apa yang salah dari kinerja pelatih Zinedine Zidane? Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Melewati batas prediksi banyak orang, klub Real Madrid, menjalani awal musim yang sulit di LaLiga Spanyol dan Liga Champions, apa yang salah dari kinerja pelatih Zinedine Zidane?

INDOSPORT.COM - Melewati batas prediksi banyak orang, klub Real Madrid, menjalani awal musim yang sulit di LaLiga Spanyol dan Liga Champions, apa yang salah dari kinerja pelatih Zinedine Zidane?

Real Madrid kembali menelan hasil buruk di fase grup Liga Champions 2020/21. Dalam lawatannya ke Ukraina, Los Blancos tumbang dengan skor 0-2 dari Shakhtar Donetsk. Pertanyaan pun menyeruak, apa yang salah dari kinerja tim Zinedine Zidane/

Pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Kiev, Madrid turun dengan komposisi terbaiknya. Sejatinya di laga ini Madrid diunggulkan. Apalagi jika melihat penampilan Los Blancos di babak pertama yang menguasai pertandingan dan membuat tuan rumah Shakhtar terkurung di areanya.

Di babak pertama, Madrid mampu menguasai 57 persen penguasaan bola serta mampu melepaskan tujuh tembakan di mana lima di antaranya mengarah ke gawang Shakhtar. Sayang, peluang sebanyak itu tak berujung gol untuk Los Blancos.

Alhasil banyak pihak menduga bahwa di babak kedua gol akan lahir untuk Madrid. Namun, dugaan tersebut urung terwujud. Kesalahan fatal Raphael Varane membuat Shakhtar masuk kembali ke permainan dengan golnya. 

Performa menurun Real Madrid tak cuma di Eropa, tetapi juga di LaLiga Spanyol. Sampai pekan ke-10, Madrid masih tertahan di posisi keempat dengan koleksi 17 poin. 

Dari 10 laga mereka sudah menelan tiga kekalahan dan dua hasil imbang. Bahkan, dari lima laga terakhir, El Real baru menang satu kali. 

Melempemnya Real Madrid di bawah Zinedine Zidane musim ini pun mengundang pertanyaan, sebab mereka adalah tim papan atas Eropa. Apa yang salah dari kinerja Zinedine Zidane di Real Madrid?

Belum Move on dari Ronaldo

Sama dengan Barcelona dan Messi, Real Madrid juga identik dengan Cristiano Ronaldo. Tak bisa dibantah, performa mereka menurun cukup drastis selepas kepergiannya. 

Meski menjuarai liga domestik, Madrid tak sedominan seperti sebelum-sebelumnya. Dari sini terlihat jelas bahwa Zidane sangat ketergantungan terhadap Ronaldo. 

Sayangnya, keputusan Madrid untuk mendatangkan Eden Hazard tak sesuai ekspektasi. Eks bintang Chelsea yang digadang-gadang bisa menggantikan peran CR7 malah sering berkutat dengan cedera. 

Jelas, pemain lain seperti Asensio, Isco, Vinicius Junior, masih jauh levelnya dari seorang Cristiano Ronaldo. Satu lagi blunder yang dilakukan oleh Zidane adalah dengan membiarkan Gareth Bale pergi. 

Entah ada masalah apa antara Zidane dan Bale. Faktanya, Bale adalah pemain terbaik kedua di Real Madrid yang bisa mendekati kemampuan Ronaldo di lini sayap. 

Madrid pun kini tampak seperti tim yang berbeda meskipun Zidane masih mempertahankan formasi dan taktik yang relatif sama. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%