Bola Internasional

Bahaya Timnas Indonesia! Skema Park Hang-seo Ini Bikin Vietnam Kian Luar Biasa

Jumat, 4 Desember 2020 07:20 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© 24h.com.vn
Park Hang-seo andalkan skema khusus yang bisa buat Timnas Vietnam tampil perkasa. Alhasil Timnas Indonesia pun dalam bahaya. Copyright: © 24h.com.vn
Park Hang-seo andalkan skema khusus yang bisa buat Timnas Vietnam tampil perkasa. Alhasil Timnas Indonesia pun dalam bahaya.

INDOSPORT.COM - Tanpa lelah, inisiatif dari pelatih Park Hang-seo ditujukan kepada Timnas Vietnam agar tampil kian perkasa dalam laga internasional. Gunakan skema ini, mereka bisa bikin Timnas Indonesia wajib waspada.

Berhasil merajai puncak klasemen grup G alias neraka Kualifikasi Piala Dunia 2022  zona Asia, The Golden Star menunjukkan performa paling gemilang diantara partisipan lainnya. Ya, mereka raih 11 poin mengalahkan Malaysia, Thailand, UEA, dan Indonesia si juru kunci.

Sebelum kompetisi tertunda efek Corona, sebagian kalangan pasti mengerti jika mereka ikut ambil andil dalam kehancuran Timnas Garuda yang saat itu ditukangi oleh Simon McMenemy. Sampai peringkat turun, PSSI pun langsung menunjuk Shin Tae-yong sebagai penggantinya.

Imbasnya pun sangat terasa, Timnas Vietnam kini berhasil naik ke peringkat tertinggi FIFA untuk mewakili zona ASEAN yakni 93 pada November lalu. Ini merupakan pertama kalinya dalam 20 tahun setelah sempat berada pada posisi 84 dunia tahun 1998 silam.

Tak mau jumawa, Park Hang-seo pun langsung menggenjot potensi para pemain hingga batas maksimal. Melansir laman lokal Bao Hoa Binh, pelatih asal Korea Selatan itu mau merancang pelatihan ekstra menyambut Kualifikasi Piala Dunia yang bergulir Maret 2021 depan.

"Akan ada dua pertandingan penting latihan antara Timnas Vietnam U-23 lawan tim senior pada tahun ini. Sang pelatih memiliki daftar 37 pemain, termasuk empat kiper, 15 bek, 10 gelandang, dan delapan penyerang," tulis media Negara Petro Dollar itu.

"Wajah-wajah veteran seperti Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, dan Nguyen Van Toan bakal beradu dengan pemain seperti Duong Thanh Hao serta Phan Van Long. Bergulir 20 dan 28 Desember, laga ini sebagai persiapan Piala Asia U23 2022 dan SEA Games ke-31,"

Tak cuma optimis dengan perkembangan pesat anak-anak asuhnya kelak, semesta nampak berpihak pada pelatih kawakan Korsel itu. Dalam pemberitaan lain, tim-tim rival seperti Malaysia dan UEA dikabarkan 'melemah' karena hasil yang kurang bagus tahun ini.

Bagaimana dengan Indonesia? Meski belum ada perkembangan dengan Timnas Senior, mereka sudah melakukan investasi berupa peningkatan para pemain Timnas U-19. Cukup masuk akal mengingat Tanah Air bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Kendati demikian, proses dari skema Shin Tae-yong patut diperhitungkan bakal membangun kekuatan baru bagi Timnas Indonesia senior. Pertemuannya dengan Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam bakal menjadi adu strategi antar pelatih asal Korea itu. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%