Bola Internasional

Piala AFF Ditunda, Media Vietnam 'Takuti' Keuntungan Timnas Indonesia dan Malaysia

Rabu, 9 Desember 2020 03:59 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Diundurnya Piala AFF buat media Vietnam 'ketakutan' dengan potensi keuntungan Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong dan Timnas Malaysia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Diundurnya Piala AFF buat media Vietnam 'ketakutan' dengan potensi keuntungan Timnas Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong dan Timnas Malaysia.

INDOSPORT.COM - Awalnya bakal bergulir akhir tahun ini, Piala AFF resmi ditunda hingga tahun depan karena pandemi Corona. Merasa khawatir ancaman ke Timnas Vietnam kian mengerikan, media lokal sebut keuntungan Malaysia dan Indonesia.

Ajang kompetisi sepak bola yang mempertemukan tim-tim terbaik dari Asia Tenggara (ASEAN) ini sejatinya berlangsung tiap dua tahun sekali. Akan tetapi karena kondisi tak memungkinkan, jadwal kini malah diundur ke 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Vietnam menjadi salah satu juara bertahan usai sempat hancurkan Malaysia pada gelaran Piala AFF dua tahun lalu dengan agregat skor 3-2. Menjunjung rasa bangga mampu mendominasi untuk kali kedua, skuat asuhan Park Hang-seo cukup khawatir.

Ya, melalui medianya yakni Lao Dong, efek kompetisi yang dihelat tahun depan buat rival mereka terutama Timnas Indonesia dan Malaysia bisa berkembang. Apalagi Harimau Malaya punya pelatih kawakan Tan Cheng Hoe sementara tim Garuda diarsiteki Shin Tae-yong.  

"Bersama Tuan Tan Cheng Hoe, Malaysia memiliki kans mempersiapkan diri pada gelaran Piala AFF tahun depan. Fokus tak cuma di kualifikasi Piala Dunia 2022 mengingat ada di grup G, mereka bisa memenangkan tiga laga tersisa lawan UEA, Vietnam, Thailand," tulis media itu.

"Selain itu menurut ahli strategi ini, penundaan kompetisi juga berikan Malaysia dan tim-tim negara lain bisa berekspresi sekaligus punya motivasi. Malaysia pernah jadi juara pada 2010 dan runner up pada edisi 2018 lalu,"

Tak cuma mengakui Negeri Jiran, media yang sama juga menyoroti komentar dari ketua PSSI Mochamad Iriawan. Pria yang acapkali disapa Iwan Bule itu menegaskan: "Kami sangat mematuhi AFF dan tentunya penundaan ini jadi hal positif bagi Indonesia,"

Garuda Nusantara sendiri kini ditangani rekan senegara Park Hang-seo, Shin Tae-yong dan belum teruji pada pertandingan resmi. Maklum, Simon McMenemy yang bertugas sebelumnya langsung undur diri ketika Tanah Air jadi pesakitan di kualifikasi Piala Dunia.

Akan tetapi bukan berarti Timnas Indonesia lemah, apalagi dengan rapor manis kinerja pelatih Shin Tae-yong bareng Timnas U-19. Kini mereka pun siap fokuskan kekuatan untuk bisa menjuarai kompetisi antar negara Asia Tenggara ini usai sempat raih lima kali runner up.

Melihat ancaman dari Timnas Indonesia dan Malaysia itu nyata, Vietnam sendiri sudah mulai lakukan pembenahan demi tunjukkan kualitasnya. Park Hang-seo kabarnya sudah merancang pola latihan absolut agar anak asuhnya kembali ringkuh juara Piala AFF.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%