In-depth

Jarang Disorot, Begini Sosok Aubameyang sebagai Pemain Timnas Gabon

Rabu, 16 Desember 2020 15:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Visionhaus/Corbis via Getty Images
Selain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang juga dikenal sebagai pemain Timnas Gabon. Copyright: © Visionhaus/Corbis via Getty Images
Selain Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang juga dikenal sebagai pemain Timnas Gabon.

INDOSPORT.COM - Banyak yang mengenal Pierre-Emerick Aubameyang ketika berseragam Arsenal, namun kira-kira seperti apa sosoknya di Timnas Gabon?

Nama Aubameyang belakangan ini sempat jadi sorotan publik dan penikmat Liga Inggris. Selain karena performanya yang sedang menurun di level klub, ia juga menabur garam di luka Arsenal saat menciptakan gol bunih diri kontra Burnley.

Tentu gol bunuh diri tersebut bukan yang penggemar inginkan dari seorang bomber sepertinya, namun apa pun dapat terjadi di sepak bola. Aubameyang hanya sedang kurang beruntung saat ini.

Aubameyang memang sudah menjadi andalan Arsenal sejak lama, terutama untuk urusan mencetak gol. Selama berseragam klub asal London tersebut, ia sudah menciptakan 56 gol dari 97 penampilan di Liga Inggris.

Di sisi lain, publik juga mengenal dirinya sebagai pemain Timnas Gabon. Lantas seperti apa dirinya ketika membela panji negara yang terletak di Afrika Tengah tersebut?

Rasanya tidak lengkap jika membahas seorang Pierre-Emerick Aubameyang tanpa mengetahui asal mula dirinya membela Timnas Gabon. Karena pada awalnya, ia mengawali kariernya di level Timnas bersama Prancis.

Debutnya bersama Timnas Prancis U-21 terjadi pada Februari 2009 dalam sebuah pertandingan persahabatan kontra Tunisia. Tentu ada alasan tersendiri mengapa Aubameyang pada akhirnya memilih bermain untuk Gabon.

Aubameyang memenuhi syarat bermain untuk Timnas Prancis dan Spanyol karena faktor tempat kelahiran dan juga latar belakang sang ibu. Sementara itu, Gabon adalah negara kelahiran sang ayah.

Satu alasan yang paling kuat bagi Aubameyang adalah dia ingin mengikuti jejak ayahnya yang dulu pernah bermain dan bahkan jadi kapten Timnas Gabon. Meski pernah membela Timnas Prancis U-21, hatinya ternyata berkata lain.

“Pemain biasanya butuh waktu untuk memutuskan, tapi bagi saya pilihan saya sudah jelas. Saya bisa bermain untuk Prancis dan Spanyol, tapi saya sadar dengan cepat bahwa saya ingin seperti ayah saya,” ucap Aubameyang seperti dikutip dari laman Goal Internasional.

Meski belum bisa membawa timnya memenangkan gelar bergengsi, eksistensi seorang Pierre-Emerick Aubameyang di Timnas Gabon adalah kisah tersendiri yang layak diketahui para penikmat sepak bola di seluruh dunia.