Liga Inggris

Jadi Biang Kerok Anjloknya Arsenal, Begini Reaksi Ruang Ganti ke Mikel Arteta

Kamis, 17 Desember 2020 16:41 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Buruknya penampilan Arsenal sepanjang musim Liga Inggris 2020-2021 nampaknya tak lepas dari gagalnya metode pelatih, Mikel Arteta. Bukayo Saka lantas bocorkan suasana ruang ganti terkait akan kesulitan yang dialami pelatihnya itu.

Impian The Gunners untuk bangkit dari era Unai Emery nampak hanya mimpi di siang bolong semata. Bagaimana tidak? Alih-alih mendapat pelatih pengganti sepadan, beragam hasil minor justru didapat mereka sejak awal musim.

Ya, Arsenal kini sedang berjibaku dengan nasib terancam turun kasta usai bertengger di peringkat 15 klasemen Liga Inggris sementara. Performa mereka, jauh dari kata sempurna usai dalam 12 laga mereka kalah tujuh kali, dan empat diantaranya bahkan di kandang.

Pierre Emerick Aubameyang yang mandul, kontrol emosi buruk Granit Xhaka selaku kapten tim, dan gengsi enggan mengandalkan Mesut Ozil, buat tim asal London ini banjir kecaman. Saka lantas berkata jika apapun alasannya, seluruh skuat akan mendukung Arteta.

"Sebagai tim kami harus bekerja sama di lapangan, saya bisa bilang ke semua orang jika kami berjuang keras dan ingin membuat segalanya berada di jalan kebenaran. Kami hanya harus fokus sekaligus terus maju," ucap wonderkid itu dilansir Mirror.

"Berbagai laga ini seharusnya memang kami menangkan dan saya merasa jika satu kali menang, maka kami bisa sedikit bangkit dengan cara manfaatkan momentum. Waktu akan berubah, kami akan punya rasio kemenangan 100 persen," imbuhnya.

Optimisme Bukayo Saka nampaknya menjadi salah satu hal yang bisa pertahankan performa terbaik Meriam London tersebut. Maklum, rentetan hasil malang sejatinya bisa membuat berbagai rekan setimnya kehilangan semangat berjuang.

Bayangkan saja, tim bermarkas di Emirates Stadium ini pernah dibantai Aston Villa, habis 0-2 lawan Tottenham, dan kalah memalukan lawan Burnley gara-gara dosa pemain sendiri. Laga kandang terakhir kontra Southampton pun berujung imbang 1-1.

Bernd Leno, kiper utama Arsenal pun tak lepas dari salah satu pemain yang kecewa. Namun bukan kearah sang pelatih, dirinya malah menuding semua pemain menjadi alasan mengapa tim begitu anjlok musim ini.

Kendati baik Leno dan Bukayo Saka sama-sama optimis, bukan hal mustahil jika Arteta bakal menjadi 'tumbal' kebangkitan mereka. Meskipun sudah sumbang dua trofi, jika tak bisa bertahan di Liga Inggris, buat apa pertahankan pelatih itu?