Liga Indonesia

Liga 1 Belum Jelas, Gelandang Enerjik Jepang Ini Pilih Jajal Liga Kamboja

Kamis, 17 Desember 2020 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Yamazaki saat berseragam Barito Putera. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persela Football
Kosuke Yamazaki saat berseragam Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Salah satu gelandang Asia terbaik yang pernah menjajal Liga 1, Kosuke Yamazaki Uchida, resmi berlabuh ke Liga Kamboja untuk musim depan.

Keputusan ini merupakan buntut dari ketidakjelasan nasib kompetisi Liga 1, di mana untuk musim 2020 sendiri masih harus ditunda hingga Februari 2021.

Sejumlah pemain asing pun menyatakan hengkang dari tim selama masa penundaan tersebut. Bahkan, Kosuke yang sebelumnya mengaku berminat kembali ke Indonesia, kini harus menunda rencana itu.

Kosuke Uchida resmi mengumumkan berlabuh ke Angkor Tiger FC, salah satu klub Liga Kamboja, yang memang sudah langganan menggunakan pemain asing asal Jepang.

"Saya menandatangani kontrak bersama Angkor Tiger FC. Saya sangat bahagia bergabung dengan klub," ungkap Kosuke Yamazaki Uchida.

Wajar jika Kosuke bahagia bisa kembali ke lapangan hijau. Pasalnya, sejak menyudahi kontrak bersama Barito Putera pada akhir Liga 1 2019, gelandang 33 tahun itu belum kembali aktif bermain.

Ia pun memilih berlabuh ke Liga Kamboja yang kompetisi sepak bola kasta tertinggi tahun ini bisa beres di tengah pandemi virus corona, tepatnya Oktober lalu.

Angkor Tiger FC juga sudah berlangganan menggunakan jasa pemain Jepang. Musim lalu mereka mengandalkan Yudai Ogawa, Takaki Ose, serta Joichiro Sugiyama dari lima slot pemain asing.

Sebelumnya, Kosuke Yamazaki Uchida aktif bermain di Liga 1 2017 bersama Persela Lamongan, kemudian kembali lagi membela Barito Putera di paruh kedua Liga 1 2019.