Liga Inggris

Eks Arsenal Desak Mantan Klubnya Pecat Mikel Arteta

Jumat, 18 Desember 2020 23:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta kian berada dalam posisi terjepit setelah desakan untuk memecat dirinya hadir dari mantan penggawa Arsenal, William Gallas. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta kian berada dalam posisi terjepit setelah desakan untuk memecat dirinya hadir dari mantan penggawa Arsenal, William Gallas.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Arsenal, William Gallas menyebut sosok Mikel Arteta bukanlah pelatih yang tepat untuk menukangi The Gunners kendati mampu memberi dua gelar prestisius.

Mimpi indah Arteta bersama Arsenal seakan telah berakhir. Keberhasilan di paruh kedua Liga Inggris musim lalu serta satu gelar Piala FA dan Community Shield seakan memudar dengan rentetan hasil buruk yang diterima The Gunners belakangan ini.

Tak ayal, kursi kepelatihan Arteta pun digoyang isu pemecatan menyusul serangkaian hasil buruk tersebut. Hingga pekan ke-13 Liga Inggris 2020/21, Meriam London baru mengkoleksi 14 poin dan duduk di tempat ke-15 klasemen.

Kemerosotan performa ini tak ayal dibebankan kepada Arteta selaku pelatih. Banyak pihak yang menyebut bahwa mantan tangan kanan Pep Guardiola ini belum pantas menukangi tim sekaliber Arsenal.

William Gallas yang berstatus mantan pemain Arsenal pun mengakui hal ini. Ia bahkan mendesak mantan timnya untuk segera memecat Mikel Arteta dan menggantinya agar rentetan hasil buruk cepat terselesaikan.

“Saya pikir isu pada saat ini adalah bahwa Mikel Arteta bukan pelatih yang tepat (untuk Arsenal). Bagiku, ia tak punya pengalaman menukangi tim besar.

“Saya terkejut ketika ia ditunjuk, sejujurnya (meski mantan asisten Guardiola) Anda butuh pengalaman untuk menjadi pelatih klub seperti Arsenal,” ujar Gallas dikutip dari Mirror.

“Jika saya pemain Arsenal sekarang, saya pikir semua bergantung para baik pemain muda dan pemain berpengalaman. Pemain muda akan menghormatinya, tapi para pemain berpengalaman tidak. Dan itu (pemecatan) akan bermula dari sana,” pungkasnya.

Isu pemecatan Arteta sendiri kian menguat setelah dalam lima pertandingan terakhir di kandang di Liga Inggris 2020/21, Arsenal tumbang sebanyak empat kali dan bermain imbang sebanyak satu kali.

Dalam beberapa laporan, beberapa pemain senior Arsenal dikabarkan mulai mendesak manajemen untuk memecat Mikel Arteta dan segera menggantikannya dengan sosok anyar.