Liga Indonesia

Resmi, Persipura Gantikan Persija di Piala AFC 2021

Minggu, 20 Desember 2020 10:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan.

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) telah menegaskan peserta Piala AFC 2021 harus berdasarkan regulasi atau Entri Manual AFC Club Competition 2021. Dengan demikian, pilihan PSSI untuk mengirim Bali United dan Persija Jakarta dipastikan ada perubahan. 

Posisi Persija yang sebelumnya dipilih PSSI akan digantikan oleh Persipura Jayapura yang berhak berkompetisi karena sesuai dengan regulasi AFC.

AFC menyatakan menghargai PSSI yang memutuskan Persija sebagai kontestan AFC Cup 2021, menemani Bali United, tapi hal itu tidak sesuai regulasi, jadi ada perubahan. Hal itu tertuang dalam surat yang dikirimkan ke PSSI pada dua hari lalu. 

"AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dengan jawaban dari AFC tersebut, Persipura Jayapura akan menemani Bali United untuk mengikuti AFC Cup 2021 mendatang. Persipura terpilih karena berada di peringkat tiga Liga 1 2019, menggantikan juara Piala Indonesia, PSM Makassar dan runner up liga, Persebaya Surabaya yang tidak memiliki lisensi klub profesional.

Setelah diputuskan AFC, tim Persipura harus segera melengkapi persyaratan berkompetisi dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada tanggal 21 Desember 2020.

Tim Mutiara Hitam harus menyerahkan formulir participating team agreement yang diisi dan ditandatangani oleh presiden klub, file power point terkait informasi klub, dan formulir warna jersey.

Selain ketiga persyaratan di atas, Persipura juga diharapkan untuk dapat mengirimkan sertifikat pencahayaan lampu stadion yang akan digunakan.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%