Liga Indonesia

Update Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin, Markas Barito Putera di Liga 1

Senin, 21 Desember 2020 10:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Kondisi terkini Stadion 17 Mei Banjarmasin yang selesai renovasi tahap pertama, tahap kedua akan dimulai beberapa bulan ke depan. Copyright: © Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Kondisi terkini Stadion 17 Mei Banjarmasin yang selesai renovasi tahap pertama, tahap kedua akan dimulai beberapa bulan ke depan.

INDOSPORT.COM - Berikut update renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang merupakan markas Barito Putera di kompetisi Liga 1.

Sejak pertengahan Liga 1 2019, Barito Putera harus mengungsi ke Stadion Demang Lehman, Martapura, karena Pemprov sudah memulai proses renovasi Stadion 17 Mei.

Setahun berselang, di tengah nihilnya kompetisi Liga 1 akibat pandemi virus corona dan pesta demokrasi pemilihan gubernur serta wakikota, proyek renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin rupanya masih tetap dikebut.

Lewat sebuah video drone yang diambil dan diunggah Arief Arrachman, tampak dari atas jika tribun VIP dan VVIP yang ada di bagian barat sudah memiliki wajah baru.

Untuk lapangan sendiri masih dalam proses perbaikan, sementara tribun lainnya di sisi utara, selatan dan timur tampak masih belum tersentuh, dan memang dikonfirmasi tidak akan mendapat banyak perubahan.

Sementara dilansir dari Update Stadion YT, pemasangan single seat untuk tribun barat sudah dirampungkan, lampu tribun sudah berfungsi, dan atap tribun sudah terpasang, namun ada penambahan di struktur tribun.

Kursi bench dikonfirmasi sudah datang dan proses pemasangan sedang berlangsung. Selain itu, dikabarkan jika renovasi ini juga meliputi pembuatan Museum Barito Putera dan kafe, dilengkapi dengan ornamen khas Banjarmasin.

Sebelumnya, Kepala Dispora Kalimantan Selatan, Hermansyah, memuji progres positif renovasi Stadion 17 Mei yang terus berjalan meski di tengah situasi pandemi virus corona.

"Semua ini merupakan program lanjutan renovasi tahap II di tahun kedua. Progresnya makin positif walaupun di tengah pandemi. Ini lanjutan dari tahap pertama lalu, finishing tribun VVIP, renovasi tribun lain, dan juga rumput lapangan," ujar Hermansyah.

"Nanti kalau memang masih ada yang perlu dibenahi, akan kita lanjutkan renovasi tahap ketiga. Kami ingin stadion ini representatif, karena ini keinginan masyarakat Kalimantan Selatan, stadion harus bagus, menjadi ikon olahraga Kalsel," tambah Hermansyah.

Sejatinya, renovasi Stadion 17 Mei tersebut ditargetkan rampung dan bisa digunakan Barito Putera untuk mengarungi lanjutan Liga 1. Namun, melihat kebijakan terbaru PSSI, ada kemungkinan Laskar Antasari bakal memusatkan seluruh kegiatannya di Yogyakarta.