Bola Internasional

'Messi' Thailand Pasrah, Negaranya Bisa Gagal Masuk Piala Dunia Efek Timnas Indonesia

Rabu, 23 Desember 2020 18:25 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Thailand kini gigit jari, hasrat mereka untuk melaju ke Piala Dunia 2022 bisa jadi hanya angan-angan semata gara-gara bakal bertemu Indonesia. Sang 'Lionel Messi' Gajah Putih, Chanathip Songkrasin pun mengkonfirmasi hal ini.

Ketika lakoni kualifikasi Piala Dunia zona Asia, Garuda Nusantara bisa jadi tim pesakitan yang hanya jadi penghuni papan bawah grup G atau grup Neraka. Maklum, lawan-lawan mereka tergolong tangguh mulai dari Malaysia dan Vietnam di dalam grup itu.

Gara-gara lima kali kekalahan sekaligus peringkat FIFA yang terjun bebas ke posisi 173, PSSI pun langsung memecat Simon McMenemy selaku pelatih utama. Kini berganti ke Shin Tae-yong, mereka pun bisa tampil menjanjikan ketika kualifikasi berlanjut pada Maret tahun depan.

Inilah yang menjadi perhatian Songkrasin usai merasa sangsi Timnas Thailand sulit untuk bisa raih tiket ke pentas sepak bola terbesar seantero dunia. Maklum, The War Elephants ada di posisi tiga klasemen dan harus hadapi Indonesia lebih jika ingin melangkah maju.

"Sejujurnya, kami memiliki peluang yang sangat kecil untuk melaju ke Piala Dunia karena kekuatan tidak cukup kuat. Itulah masalah terbesar yang membuat kami sulit bersaing lawan para pemain luar selama 90 menit laga," ujar Messi Thailand dilansir Giaothong.

"Andalkan kedisiplinan, kekuatan, dan kebugaran para pemain saja tak cukup. Untuk kedepannya, kami harus lakukan banyak perubahan demi peningkatan potensi," tutup Chanathip Songkrasin.

Timnas Thailand sendiri cukup jauh jika dibandingkan dengan Malaysia selaku peringkat dua klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia, dan Vietnam yang nyaman di puncak. Tak cuma itu, masalah internal sendiri menjadi alasan sulitnya mereka bersaing.

Bagaimana tidak? Sebagain besar pemain inti skuat asuhan Akira Nishino disibukkan karena masih membela klub-klub liga domestik. Apalagi federasi sepak bolanya, FAT kadung menghormati kepentingan klub untuk tingkatkan kualitas liga mereka sendiri.

Disamping itu, mereka tak bisa mengesampingkan perhatian mengingat perebutan tiket Piala Dunia dua tahun lagi tersisa di tiga laga yakni melawan Indonesia, Malaysia, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Timnas Indonesia sendiri bisa dibilang mustahil menyabet tiket ke Piala Dunia 2022, tapi bukan berarti mereka biarkan Thailand merajarela. Laga kontra 'Messi' Thailand beserta koleganya bisa jadi batu loncatan terbaik Shin Tae-yong kembangkan pemain tim Merah Putih.