Bola Internasional

Kaleidoskop Bola Februari 2020: Chelsea Datangkan Ziyech, City Dicoret dari Liga Champions

Jumat, 25 Desember 2020 19:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Soccrates Images/GettyImages
Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Februari. Copyright: © Soccrates Images/GettyImages
Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Februari.

INDOSPORT.COM – Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Februari.

Di dunia sepak bola internasional, bulan Februari 2020 kembali dibuka dengan berita dari bursa transfer musim dingin. Manchester United lagi-lagi mendatangkan pemain baru, setelah pada akhir Januari sukses memboyong Bruno Fernandes.

Kali ini, pemain baru MU berasal dari sektor penyerang tengah pasca cedera yang dialami Marcus Rashford. Setan Merah resmi meminjam Odion Ighalo dari Shanghai Shenhua. Mantan bintang Watford itu dipinjam hingga akhir musim 2019/2020.

Sementara itu, kabar buruk justru datang dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Tim berjuluk Blaugrana itu harus kehilangan Ousmane Dembele hingga enam bulan usai menjalani operasi. Padahal, sebelumnya Barcelona sudah lebih dulu kehilangan Luis Suarez yang mengalami cedera lutut.

Sebaliknya, kabar gembira justru diterima oleh klub Liga Inggris, Chelsea. The Blues resmi memboyong sayap andalan Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech, dengan banderol 40 juta euro (Rp690 miliar) pada 12 Februari. Meski demikian, pemain asal Maroko ini baru akan bergabung usai musim 2019/2020 berakhir.

Beberapa hari kemudian, Ajax mengalami peristiwa menggembirakan dengan kembali bermainnya Daley Blind usai operasi jantung. Sang pemain tampil 13 menit sebagai pemain pengganti menghadapi Vitesse, setelah pada Desember 2019 kolaps di lapangan karena masalah jantung.

Dari Liga Inggris, Manchester City menerima kabar buruk di pertengahan bulan. The Citizens mendapat hukuman dari UEFA karena melanggar aturan Financial Fair Play.

Akibatnya, Manchester City dilarang tampil dalam Liga Champions pada musim 2020/2021 dan 2021/2022 karena dinilai telah menggelembungkan angka pemasukan dari sponsor pada periode 2012-2016.

Jatuhnya hukuman pun langsung memicu spekulasi terkait masa depan Pep Guardiola. Sang manajer langsung dikaitkan dengan Juventus, sedangkan Mauricio Pochettino disebut menjadi kandidat pengganti Guardional di Etihad Stadium.

Dari Liga Champions, wakil Serie A Italia yakni Atalanta sukses mencetak sejarah. Pertama kali melaju babak gugur, mereka meraih hasil mengagumkan dengan membantai Valencia 4-1, di leg pertama babak 16 besar, Kamis (20/02/20) dini hari WIB.

Sementara itu, di LaLiga Spanyol, Barcelona mendapatkan izin khusus mendatangkan pemain baru meski bursa transfer sudah ditutup, akibat cedera panjang Luis Suarez dan Ousmane Dembele. Blaugrana pun kemudian memboyong penyerang Leganes, Martin Braithwaite dengan nilai 18 juta euro (Rp310 miliar).

Menariknya, Leganes yang terpaksa kehilangan penyerang andalannya justru tidak diizinkan untuk mendatangkan penyerang pengganti.

Bulan Februari 2020 ditutup dengan hasil-hasil dari kompetisi antarklub Eropa. Manchester City sukses mengalahkan Real Madrid 2-1 di leg pertama babak 16 besar di Santiago Bernabeu. Mereka menjadi tim kedua setelah AC Milan yang mengalahkan Madrid di kandang meski tertinggal lebih dulu.

Di Liga Europa, Arsenal kandas di babak 32 besar setelah kalah 1-2 di kandang sendiri dari Olympiacos. Meski memiliki agregat skor 2-2, The Gunners kalah karena aturan gol tandang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%